Bahasa KENDAL

merantau sejak 1991 untuk kuliah dan kerja di Yogya membuat aku banyak kehilangan dialek kendal yang “khas”. minimal inilah yang bisa aku pamerkan, karena aku paling gerah kalo ditanya “makanan khas kendal”. lha nama “kendal” aja sering orang langsung reflek nanya “mananya tegal tuch?”. Dengan enteng, puluhan kali aku jawab “kendal itu baratnya Semarang”… hhh…hhh. …..
 
memang kendal dialeg weleri-cepiring dengan kendal-kaliwungu agak beda dikit….
terutama saat menyebut : kretek (jembatan). dialeg barat menyebut kredeg (intonasi mantab-berat) . kalo dialeg timur cenderung mendayu.
dialeg barat menyebut ha`a (iya), di timur he`e…… dll
 
kosa kata di kampungku yang khas adalah :
menyebut “pak” untuk awalan yang artinya “akan”, mis: pak mangan, pak ngombe
menyebut “porah” artinya “biarin aja”
menyebut “sampeyan” untuk yang lebih tua beberapa tahun
menyebut “honda” untuk semua jenis sepeda motor, mis: hondane opo sing tabrakan?
anonim “bentar ya” : ngko sik, mengko disik, ko kek….. di Batang jadi “mengko diset”
 
apalagi? hehhee
teman-teman dari kendal menambahkan :
penggunaan kata “ra” dengan intonasi yang khas, seperti “iyo ra”. kata “ra” ini merupakan penekanan atau agar lebih jelas. 
apik meni = baik sekali,
porah = ben wae = luweh = biarin aja,
ra ndelok= tidak melihat,
janganan=pecel,
kluban=urap,
kemropok= mangkel = perkataan yg bikin panas’e kuping lalu timbul nesu’/marah,  ndlodok=ra’sopan alias tidak punya budipekerti sopan santun
mberuh = embuh = gak tahu
apik neni = apek banget = baik sekali
adhine aku = adiknya aku -> -ne = -nya
ndelok/ndeleng = melihat
tanduk = nambah, <misale : mangane nambah ra>
kendel meni = rajin sekali
nyrekal = ngeyelan, suka membantah jika diomongin
lawuh = lauk
iwak = daging/ikan, iwak pithik = daging ayam, iwak laut = ikan laut
kemropok = mangkel, jengkel, hati panas
gembagus= sok bagus
ratan = dalan, jalan raya
jagan= gerdu/pos ronda
langgar = mushola
kredeg= jembatan
padu = tukaran, adu mulut karena silang pendapat

2 responses to “Bahasa KENDAL

  1. Hohoho….
    SenasiB…..
    Ha’a ra?????

  2. Wah mas,podho nasibku nang kene. aku merantau nang bandung yo akeh sing ra ngerti Kendal, ya aku jawabnya sebelum semarang klo dari bandung. lan aku kuliah nang kene juga akeh wong jowo soko ngapak sampe jowo timuran, malang jember dkk. dialeke bedo2 banget. yen Malang di wolak walik, misal makan dadi nakam, sehat dadi tahes, dln, ngundang kowe dadi kon, utowo arek. Dan ntah kenapa dialek kendal ku saiki rodo pudar goro2 kumpul karo bocah2 kuwi.hahaha. nice post mas

Leave a Reply

