Jejak-Jejak Cinta

Setiap langkah dalam mengarungi hidup ini, tak jarang kita dihadapkan pada banyak fenomena cinta, dari cinta ala balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan manula, dari cinta dalam kemiskinan sampai bergelimang kemewahan, dari kawulo alit sampai petinggi nasional/internasional; kesemuanya bermuara pada pengejawantahan makna cinta.

Cinta memang tanpa mengenal batas, baik jenis kelamin, materi, kedudukan, dll. “batas” yang ada hanya diwujudkan oleh si pelaku dalam rangka menyederhanakan makna cinta itu sendiri yang sebenarnya universal. Namun cinta dalam “keterbatasan” itu kadang tidak dinilai atau bahkan tidak dihargai oleh orang lain yang berada “di luar batas” tadi.

Banyak orang mencibir si pemancing ikan karena mau berlama-lama menanti kailnya tersangkut ikan, namun ternyata dia menikmati dan mencintai kebiasaan memancing ini.

Banyak orang jijik melihat si pemulung yang mengais sampah nan bau dan kotor tiap hari, tanpa mengeluh dan bahkan terlihat riang gembira bercengkerama dengan temannya.

Banyak orang mencibir si pengamen dan gelandangan yang asyik berpanas ria di pemberhentian jalan, sekedar menyanyi atau mengelap atau langsung menengadahkan tangan tuk meminta. Mungkin berkali-kali mereka digusur oleh satpol PP, tetapi toh kebanyakan mereka kembali lagi. Orang menganggap pekerjaan mereka kurang layak, tetapi ternyata mereka enjoy dengan pekerjaan itu.

Banyak orang geleng kepala melihat sepasang sejoli ABG nekad memadu kasih walaupun tidak direstui kedua orang tua mereka. Banyak yang menyayangkan karena mereka masih usia sekolah alias belum waktunya. Namun mereka menikmati cinta yang mereka bina, tanpa pusing memikirkan status dan latarbelakangnya.

Banyak jejak-jejak cinta yang bertebaran di muka bumi ini, alangkah indahnya bisa kita mampu dan mau mengambil pelajaran yang tersirat di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s