Pojok Angkringan : Kos Putri yang BEBAS dimana?

Sudah menjadi aturan umum, bahwa kos putra bebas masuk tamu putri dan kos putri tidak bebas masuk tamu putra. Mas Angkringan membenarkan, tiap ada yang nanya kos putri, herannya selalu minta syarat “yang bebas”. Padahal dulu syarat umum yang diminta adalah : kamar mandi dalam, dan kamar isi (lemari, kasur, meja belajar). Makanya kos putri biasanya lebih mahal dari kos putra. Kos putra sudah familiar dengan fasilitas kosongan, artinya hanya tersedia lampu ruangan dan colokan listrik.

“kok sekarang banyaknya minta kos putri yang BEBAS ya…” keluhnya
“mungkin memang eranya kebebasan, Mas” jawabku enteng.

secara umum, karakter perempuan biasanya lebih pemalu dibanding laki-laki. disamping itu sosial budaya masyarakat kita biasanya menempatkan perempuan pada kondisi yang lebih ‘protektif’, mungkin karena secara fisik perempuan dianggap lebih lemah.
contohnya, saat mau pergi (keluar rumah), orangtua cenderung memastikan bahwa anak perempuan pergi dengan aman, sehingga bila perlu dikawal atau ada yang menemani.
 
kos dapat diidentikkan dengan rumah, dimana penghuninya kadang bebas berkreasi, termasuk dalam berpenampilan. sering di kos penampilan penghuninya dengan pakean minim, seperti celana pendek dan kaos tanpa lengan. jika ada tamu lain jenis, yang notabene bukan tamu mereka, tentu akan membuat mereka jengah dan malu. sehingga biasanya tamu ada ruang tersendiri di depan.
 
sedangkan bagaimana sikap tuan rumah (ibu kos atau penjaga) memang sangat bervariasi. namun biasanya penghuni kos tetap berkepentingan mengetahui biodata karena beliau sebagai pihak yang ketempatan perlu memastikan baik-tidaknya warga kos. namun memang ada juga ibu kos yang terlalu detail menanyakan, bahkan menggosipkan.
untuk kasus ini, kita perlu sedikit ngalah dengan berbaik sikap ke ibu kos. bila perlu jelaskan kebiasaan ‘abnormal’ kita memang karena urusan kerja, dll.
 
kebebasan banyak ragamnya. namun khusus untuk aktifitas berpacaran ‘level nekad’, konon malah lebih banyak dilakukan di kos putra karena biasanya antar penghuni lebih cuek untuk urusan ini. konon, perempuan cenderung lebih berkoloni dengan sesamanya dibandingkan laki-laki kepada sesamanya. aktifitas koloni yang sering dilakukan perempuan antara lain beli makan, jalan-jalan, nonton, dll. sedangkan untuk laki-laki pada kecenderungan kesamaan hobby dan kepentingan. kebiasaan koloni sejenis ini akan makin turun manakala mereka sudah jalan dengan pacar masing-masing.
 
terakhir,
wanita yang mencari kos bebas biasanya adalah mereka yang sudah punya pacar atau sudah bekerja atau aktifitasnya banyak bekerjasama dengan pria.

One response to “Pojok Angkringan : Kos Putri yang BEBAS dimana?

  1. setuju aja deh.susah kalo terlalu protektif buat pacar saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s