Identitas Warna Tidak Jelas

Warna menjadi salah satu identitas di lingkungan kampus. UGM dikenal sebagai Kampus Biru, entah dengan alasan apa, padahal jaket almamaternya berwarna coklat muda. UPN disebut Kampus Hijau, mungkin karena gedung kampusnya dulu bercat warna hijau, jaket almamater berwarna hijau atau mungkin karena kampus ini berada di bawah Departemen Pertahanan yang identik berwarna hijau (warna seragam tentara Angkatan Darat).

Setiap jurusan atau fakultas juga mempunyai warna yang khas. Warna hijau untuk Fakultas Pertanian, warna kuning untuk Ekonomi, warna orange untuk Jurusan Ilmu Tanah, dll. Biasanya warna ini akan dianut apabila sekelompok mahasiswa (angkatan/HMJ/BEM) membuat atribut seperti kaos, spanduk, slayer, sticker, dll.

Namun sekarang identitas warna menjadi tidak jelas. Berdasarkan pengamatan, mahasiswa tanah membuat jaket berwarna biru dan kaos hitam, mahasiswa teknik kimia membuat jaket berwarna hijau, dll. Kata orang, memang sekarang jaman kebebasan, tetapi identitas yang berubah-ubah malah akan membuat ‘blunder’ karena kita jadi sulit dikenali oleh pihak lain.

Apakah era kebebasan identik dengan era kehilangan identitas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s