Menatap Sisi Dunia Spiritual

Dunia ghoib memang berbeda dengan dunia nyata ini yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Dunia ghoib hanya bisa dirasakan oleh indera keenam (batin), sehingga sejauh mana hasilnya tergantung pada si empunya dalam menempa batin. Lain orang boleh jadi akan lain pula kesan yang dirasakan. Bahkan dalam diri seseorang kadang terjadi naik-turun tingkat kepekaannya.

Keyakinan dunia spiritual membagi manusia menjadi 3 bagian, yaitu jasad fisik, nyawa, dan ruh. Pembagian antara jasad dan nyawa tidak perlu diperdebatkan karena hampir semua orang meyakininya. Namun tentang ruh, ini menjadi kajian yang spesifik. Ada sebagian orang yang mampu menguak misteri masa depan dan masa lalu, adalah bukti kehandalan pekerjaan ruh ini.

Satu keyakinan menyebutkan bahwa komunikasi yang dilakukan dengan orang yang sudah meninggal, hakekatnya adalah komunikasi dengan jin qorin yang mendampingi setiap diri manusia dan tahu belum kebiasaan si fulan ini. Ada pula yang tidak yakin sama sekali. Namun ada juga yang meyakini bahwa orang-orang yang terpilih (baca: alim ulama) sebenarnya mereka tidak mati, tetapi hanya pindah alam saja. Jadi kita masih dapat berkomunikasi dengan orang tersebut.

Bagi orang yang ragu, rambu-rambu sesat-tidaknya terkait dunia ghoib ini adalah jalur Qur`an dan Sunnah Rosul. Apabila informasi apa saja yang didapat berbeda dengan isi Qur`an dan sunnah, maka info itu sesat adanya. Tetapi bila sama, itu tidak sesat.

Beberapa fenomena yang dialami orang menjadikan kita harus berpikir ulang, itu nyata atau tidak. Si Fulan yang belum pernah mendatangi suatu tempat berpikir bahwa dia seakan pernah mendatangi tempat tersebut. Mungkinkah sang ruh sudah jalan-jalan dulu atas bimbinganNYA?. Si Fulan mendapat wangsit dari Pak Dhenya tentang isi surat wasiat, dan ternyata setelah surat itu ditemukan, isinya persis sama dengan wangsit itu. Mungkinkah fulan ini mampu berkomunikasi dengan pak dhe nya yang alim?. Si Fulan lainnya, dalam sholat dan kala berdoa, dia sering dirasuki oleh roh leluhur dan almarhum ayahnya. Si Fulan seperti dipinjam jasadnya untuk dikendalikan roh lain. Semua terjadi saat sedang menjalankan ibadah sholat. Mungkinkah itu kerjaan iblis/syeithon? ataukah memang leluhur dan almarhum ayahnya adalah orang-orang terpilih. si Fulan lainnya, dia mampu membaca watak orang dari wajah, suara dan gaya penulisannya (SMS, red), padahal dia bukan psikolog. Fulan ini mungkin menguasai ilmu ‘titen’, sehingga mampu dengan cepat tahu tapi sulit diungkapkan dengan kata-kata mengapa dia menyimpulkan itu. Dan banyak lagi fenomena lain……

Anda punya pendapat lain?

 

8 responses to “Menatap Sisi Dunia Spiritual

  1. Artikel bagus. Saya setuju.

  2. saya iwan, ingin mengukap juga ke misterian di diri saya. sebelumnya saya kenalkan dulu nama saya iwan agusman dan tinggal di palembang. oke langsung ke duduk persoalan. pengalam saya di dunia ghoib merupak penomena yang ganjil akan tetapi ini merupakan nyata, semenjak sepeninggal almarhum ibu saya, saya sering di muncul kan kejadian2 aneh yang mungkin tak masuk akal sehat tapi ini nyata, suatu ketika saya pulang dari kerja tapi malam itu mata saya blum larut mau tidur, sekitar pukul 01.00 wib tengah malam banyak suara2 yang aneh terdengar di telingah saya, dan salah satunya adalah suara orang yang menyuruh saya unuk tidur setelah saya liat2 di luar rumah ternyata tidak ada orang satu pun, emang tak pungkirin dunia ini sebelum manusia yang menghuni telah ada JIN yang telah menghuni duluan, oh ya masih banyak lain pengalam2 saya di dunia mistik, sewaktu saya ikut jiarah kubur ke seluruh makan raja2 palembang saya juga sempat melihat2 kejadia2 aneh, oke sekian dulu pengalaman kejadian aneh di diri saya, sebelumnya makasih

    wasalm,
    iwan

  3. saya menulis ini berbekal TIDAK pernah melihat makhluk dunia lain atau mendengar pembicaraanya. saya sendiri kayaknya lebih fokus ke membaca watak dan pikiran orang serta memberikan nasehat yang dibutuhkan (bila perlu).

  4. slmat mlm.sya mgkin sdikit mrsakan hal ini,ini yg mmbuat sya pnasaran,apkah ad pembelajaran,atau metode untuk melatih kepekaan manusia atau melatih indra k 6 untuk bs brguna,trimakasih mhon blsannya

    • ada yang menyarankan,
      mata hati akan semakin peka apabila hati kita bersih. bagaimana bersihnya? yaitu ketika kesabaran dan keikhlasan sudah menghiasinya.
      jangan kotori dengan iri, hati, dendam, dll.
      jika hati bersih, coba rasakan kepekaan akan makin besar

  5. agar lebih berguna, maka gunakan ketajaman mata hati itu untuk kebaikan

  6. Achmad maulana

    wah ini dunia sangat luas/maha luas untuk diselami. Kalau ada yang mampu ya baik untuk merasakan alam keabadian didepan kita

    • alam ini alam yang fana atau tidak abadi. keabadian hanyalah sebuah impian karena semua yang ada dalam dunia ini akan berubah dan kembali pada Sang Pencipta, kecuali bagi mereka yang menyiapkan diri dengan bekal terbaik untuk memasuki alam lain.

Leave a Reply

