Kuliner : Garang Asem

Ada yang pernah makan Garang Asem di Kudus? (kiri jalan kalo arah dari semarang, lokasi hampir masuk kota, lupa tepatnya hehe…)
 
Gara-gara ngidam Garang Asem, bela-belain daku maksa istri beli bahan masakan ke Pasar Tradisional Suradadi – Tegal. Berhubung tidak ada ayam kampoeng, jadilah ayam sayur 1 Kg. Tak ketinggalan sedikit maksa ke crew 2 remaja putri menjadi asisten masak.
Berikut langkah kerjanya…. … (basic instinct : berdasar insting :p)
 
1. Ayam sayur dicacah dengan tulangnya, ukuran sedang. Lalu dicuci dan direbus dengan air dan beberapa lembar daun salam. Taburkan garam secukupnya. Masak dalam kondisi mendidih sekitar 10 menit. Lalu tiriskan (pisahkan ayam dengan kuah/kaldu)
 
2. Siapkan 2-3 daun pisang, dijemur dulu biar layu dan mudah untuk membungkus. Siapkan juga plastik bening untuk alas di dalam wungkusan / bungkusan daun pisang. Jika kurang aman dengan plastik, gunakan lembar daun pisang lebih banyak agar kuahnya tidak tumpah.
 
3. Mengiris bahan serba hijau, yi : cabe rawit hijau, tomat hijau, blimbing wuluh, kemudian ditambah dengan bawang putih dan bawang merah.
 
4. Bungkuslah dengan daun pisang dan atasnya ditaruh plastik bening, berupa campuran :
ayam beberapa potong, irisan cabe-tomat-blimbing -bawang. Siramlah dengan kuah/kaldu. Sebaiknya kunci bungkusan dengan biting/lidi, jangan distepless (biar gak kemakan hehe). Jika ingin rasa lebih gurih, tambahkan air santan kelapa.
 
5. Siapkan dandang/panci dengan penyangga dan air di bawahnya. Taruh bungkusan2 itu di atasnya. Lalu rebut kurang lebih 30 menit atau sampai daun pisang berubah warna menjadi coklat.
 
Makanlah selagi panas di siang hari….. nyam nyam…..
Variasi garam, cabe, dan belimbing wuluh disesuaikan menurut selera yaaa….

3 responses to “Kuliner : Garang Asem

  1. Lokasinya itu sebelah Kantor Pajak Kudus, sebrang Gedung JHK (Jamiatul Hujjaj Kudus). Rumah Makan Sari Rasa …

    kalo mau yg seger … tinggal nyebrang aja, akan ketemu es gempol-plered. seger !

    masaknya gak pake alas plastik mas … bahaya loh … itu kalo mau yang resep orisinil.

    silakan mampir ke blog kawulo mas ..
    http://kuraninja.blogspot.com/search?q=garang+asem

    sumonggo …

  2. wah nih anak biar dibilangin dosen atau apa kek tetap aja larinya ke makan…
    pantas aja loe kayak gajahmada
    hiehiehieie

  3. hebat…hebat….hebat bapak yang satu ini
    makanan —- yoi
    kejawen — yoi
    jadi pak ustad — ayo
    lingkungan —apalagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s