Sumberdayalahan Kendal (Kendal landresources)

Mengamati bentanglahan Kabupaten Kendal memang cukup lengkap karena terbentang dari perbukitan tinggi sampai dataran pantai. Kota-kota di Kendal umumnya terletak di sepanjang garis pantai, seperti Kaliwungu, Kota Kendal, Cepiring dan Weleri. Khusus untuk Kota Kendal dan Cepiring yang posisinya hampir sejajar dengan permukaan air membuat daerah ini sering menjadi langganan banjir.

Sisi timur, wilayah Kaliwungu berbatasan dengan perbukitan tandus, sehingga diplot untuk kawasan industri, memanjang dari Semarang barat (mangkang). Di sisi barat, Weleri merupakan kota kecil yang tempatnya cukup strategis dan relatif paling ramai karena menjadi pertemuan dari daerah kecil di sekitarnya seperti sukorejo, gemuh, gringsing dan sekitar pantai Sendang Sikucing (sebutan lokal: Sekoceng). Weleri (sebutan lokal : Ngleri) cocok disebut sebagai kawasan perdagangan. Sisi selatan, merupakan perbukitan tinggi, ada di kota Boja (sebutan lokal : mBojo Cangkiran) dan Sukorejo sebagai penghasil tanaman perkebunan seperti Durian, Petai, Jengkol, Pinus, dll. 

Satu sisi, kendal bagian utara terkenal sebagai daerah langganan banjir, namun juga termasuk lumbung padi, palawija, dan tembakau yang potensial. Jalur pantura yang melewatinya (baik jalan raya maupun jalur kereta api) membuat kawasan ini potensial untuk pengembangan perdagangan, pertanian, dan agroindustri.

Kendal bagian selatan merupakan perbukitan tinggi yang terpisah oleh patahan dengan beda tinggi sekitar 50 sampai 100 meter, yang sudah selayaknya menjadi kawasan konservasi. Pengembangan apapun harus mematuhi kaidah konservasi, agar erosi dan longsor dapat diminimalisir dan tidak terlalu parah menyumbangkan banjir bagi kawasan hilir. Akses jalan di kawasan selatan cukup sulit dikembangkan karena jalurnya yang berkelok dan menanjak di perbukitan. Solusi berupa pengembangan perkebunan dan kehutanan adalah yang terbaik untuk kawasan selatan ini.

Jadi, siapapun yang mengembangkan Kendal, harus berpijak dari potensi bentanglahan ini, agar hasilnya tetap berkelanjutan dan lestari.

/me calon Bupati Kendal di Republik Mimpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s