Watak Bumi dan Langit

Alam raya dan isinya ini diciptakan berpasang-pasangan. Namun hanya sedikit yang kita ketahui tentang pasangan itu. Diantara pasangan pria dan wanita, ternyata di dalamnya ada variasi ‘pasangan’ watak, seperti baik-buruk, galak-lembut, dll.
 
Namun entah latah atau apa, kita cenderung memaksakan agar orang lain bertindak sesuai dengan watak (keinginan) kita. Orang yang biasa bekerja keras akan geram melihat orang lain yang santai bermalas-malasan. Pekerja keras ini juga akan cenderung menuntut orang lain bekerja keras seperti dirinya. Tentunya dengan segudang argumen, mengapa harus kerja keras.
Orang pemalas juga akan selalu melakukan hal yang sama. Bahkan untuk memerintah orang lain saja, dia juga akan malas. Orang malas cenderung asyik dengan dirinya sendiri dan cenderung menerima kondisi apa adanya.
 
Perlu hati-hati pula dalam menyimpulkan watak orang. Biasanya watak asli akan muncul pada saat kondisi genting alias tertekan. Ada yang kelihatannya halus, tapi saat genting jadi arogan/otoriter. Ada yang super galak, tapi saat tertekan malah merengek minta ampun. dll.
 
Variasi watak ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa manakala dikombinasikan. Laki-laki yang suka kreatif dan inovatif, akan cocok dipasangkan dengan perempuan yang cenderung tekun, teliti dan taat pada aturan. Orang yang pendiam, akan bersinergi dengan orang yang periang dan penuh canda. Orang yang cerdik, akan cocok dipasangkan dengan orang yang lugu dan monoton.
 
Konon, seorang pimpinan yang cerdas nan pandai, tidak menyukai anak buah yang sifatnya sama, karena itu sama saja sumber pesaing. Dia akan memilih anak buah yang “sendiko dawuh”. Sebaliknya pemimpin yang monoton kurang ide, akan suka anak buah yang kreatif inovatif nan agresif.
 
Kata komik Kho Ping Hoo, orang yang suka menjilat ke atas, akan hobby pula menginjak ke bawah. Artinya, dia suka dan cocok dengan atasan yang suka dijilat dan bawahan yang manut diinjak hehehe…..
 
Ada juga watak orang yang suka pasang dada, artinya berani fight satu lawan satu. Tapi ada juga yang hobi “nabok nyilih tangan” atau menohok dari belakang.
 
Variasi watak ini asal dapat di-manage akan menjadi team work yang luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s