Mental Tentara : Disiplin-Kejuangan-Kreativitas

Teringat akan komentar beberapa alumni UPN tempoe doeloe yang konon di tempat kerjanya terkenal tahan banting, “rame ing gawe” (giat bekerja, ditempatkan dimana aja, terutama spesialis kerja lapangan). Rasanya, ada asap ada api, ada hasil ada proses. Itulah awal perenungan tulisan ini.
 
Mungkin kita (alumnus UPN) agak alergi jika dikatakan bermental tentara. Tetapi lihatlah betapa semangat itu rasanya menunjukkan bekasnya. Betapa mahasiswa UPN sangat terkenal dengan suka membuat seragam khas jurusan dan membuat lambang-lambang terkait logo, nama, dan pangkatnya dalam organisasi. Atribut semacam sticker, kaos, jaket, dan gantungan kunci sering jadi andalan ke-khas-an UPN. Bahkan jika sedang jadi delegasi di universitas lain, atribut ini sering diperebutkan oleh rekan mahasiswa di sana.
 
Tempoe doeloe, mas dan mbak paling terkenang dengan sistem kuliah naik tingkatan. Jika ada 1 saja mata kuliah tidak lulus, maka harus mengulang setahun. Jadi ada plesetan Universitas Payah Naik.
Lebih doeloe lagi, bahkan model ikatan dinas memakai seragam sama pula untuk mahasiswanya.
 
Lihat pula bagaimana semangat dalam kegiatan OSPEK, yang dulu tahun 90an digembleng disiplin selama 2 minggu oleh Menwa dan Penataran P4 Pola 100 jam. Berangkat ba`da shubuh dan pulang ba`da isya. Disiplin ala pasukan baris berbaris menjadi santapan sehari-hari dalam penataran itu. Rambut pun mendekati potongan ala tentara untuk mahasiswa (cowok). Sekarang? Disiplin ala Menwa telah bergeser ke tangan BEM dan atau HMJ. Hampir mirip untuk semangat ke-jurusan-nya, namun jelas beda warna. Bahkan ada pula yang menanamkan semangat “yunior-senior” di tahun pertama-kedua. Kegiatan olah raga dan seni seakan juga dimanjakan sejak doeloe.
 
Suasana ini mendorong keseimbangan im dan yang, otak kiri dan otak kanan, seni-ilmiah- olahraga, dll. Jadilah ramuan (mix) itu menjadi lulusan yang mempunyai brand merk seperti di atas.
 
Memang ada sisi negatifnya, ibarat anak-anak main bola, kadang ada yang nakal nendang tulang kering lawan, kadang berkelahi, dll. Begitu juga dengan pola “kawah candradimuka ala UPN” ini. Kadang pola ini malah berlangsung informal alias di luar kegiatan akademik kampus.
 
Jika kita merenung, semangat disiplin-kejuangan- kreatifitas lebih banyak dan lebih mirip pada semangat para tentara kita. Ibaratnya kita seperti tentara tanpa memanggul senjata. Semangat tentaralah yang membangun spirit ini.
 
Bahkan dalam kegiatan lapangan, mental tentara ini amat sangat dibutuhkan, yaitu mandiri, survival, adaptasi, dan sosial yang tinggi. Berangkat dengan semangat baja, untuk menyelesaikan misi dengan sukses, dan pulang dengan aman.
Kegiatan survey lahan di era 2000an juga tidak lepas dari warisan spirit ini. Betapa tidak, kadang harus survey menyusuri lahan pasca tsunami di Aceh, lahan tercemar minyak di Riau, dengan naik motor Yogya-Rembang, Yogya-Pekalongan, Yogya-Kudus, Yogya-Dieng, Yogya-Magelang, dan hampir seluruh wilayah di DIY. Kadang harus menyusuri lahan di pantai sampai puncak gunung.
 
Kebersamaan kadang terbangun tanpa terasa. Selama berminggu-minggu tidur beralas tikar, makan nasi bungkus, susah-senang dirasakan bersama di lapangan. Suasana ini hampir tidak mungkin dirasakan oleh mereka-mereka yang asyik kuliah di kampus tanpa pernah melakukan kegiatan lapangan.
 
Mungkinkah mental tentara ini hilang? sangat mungkin!
pola kuliah doank tanpa praktek lapangan, pulang kos asyik main game, atau utak-atik memainkan HP, atau malam nongkrong ng-kopi di cafe sampe pagi, dan ndugem. Bagaimana akan tahan banting dan bekerja keras di lapangan???
Maybe….. tahan bantingnya hanya di tempat-tempat empuk kali yeee……
 
Ki Asmoro Jiwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s