Materi Kuliah WIMAYA

Seperti kita ketahui bersama, dari beberapa ke-khas-an UPN, salah satunya adalah mata kuliah Widya Mwat Yasa (WIMAYA) yang diberikan kepada seluruh mahasiswa UPN di tahun awal kuliah. Materi kuliah WIMAYA berdasar pada filosofi/slogan dasar UPN yaitu : disiplin, kejuangan dan kreativitas. Sehingga diharapkan para alumninya mempunyai 3 pilar dasar tersebut.
 
Ramuan di bawah ini telah mencoba mengakomodir berbagai masukan sbb:
1. Lulusan UPN terkenal tahan banting dan bermental lapangan, namun sekarang ini dengan model lulus cenderung cepat dianggap menurunkan kualitas karena jadi minim pengalaman. Ada juga pendapat, era sekarang mahasiswa sangat cepat menyerap teknologi (HP/komputer) tapi sangat tidak tahan banting dengan kondisi lapangan (kurang pengalaman dan mental turun).
2. Beberapa alumni menilai, lulusan jurusan apapun, sarjana harus mempunyai ciri : logis, analitis, sistematis, komunikatif, leadership, dan networking.
3. Masalah utama yang beken di kalangan mahasiswa adalah bagaimana membuat laporan skripsi, bagaimana persiapan menjelang ujian lisan, dan bagaimana cara mencari/menciptakan lapangan kerja.
 
memang muatan di atas cukup kompleks, namun dapat ‘dijembatani’ oleh materi kuliah Wimaya sbb. :
 
Tentang Disiplin, tiada salahnya kita berguru pada budaya disiplin yang dilaksanakan oleh para tentara, terutama disiplin waktu dan kerja. Disiplin merupakan modal utama bekerja, disamping moralnya (terutama kejujuran).
Tentang Kejuangan, bagaimana kita bisa mewarisi nilai-nilai kejuangan dari para pahlawan bangsa dalam membangun bangsa dan negara ini. Kejuangan adalah sikap mental yang siap berjuang dimana saja kapan saja demi kemajuan dan prestasi.
Tentang Kreativitas, agaknya lebih tepat jika diarahkan pada penguasaan softskill yang kadang secara formal tidak diajarkan dalam perkuliahan tetapi faktanya harus dikuasai oleh mahasiswa/sarjana, contohnya: kemampuan menulis surat/laporan/ artikel, presentasi/ceramah/ wawancara, wawasan organisasi/kepemimp inan, dll.
 
Sehingga menurut saya, pembagian porsi materi untuk ketiga pilar tersebut adalah : 30% Disiplin, 20% Kejuangan dan 50% Kreativitas. Porsi (%) ini hanya dikaitkan dengan jumlah topik, bukan tingkat kedalamannya lho….
Sebagai Prolog, mahasiswa perlu diajak untuk mengenali Jati Diri, Bakat dan minat, memahami karakter orang, dan kemampuan berinteraksi secara sosial (kampus, kos, masyarakat luas).
Sebagai penutup, mahasiswa perlu dibekali pesan Spiritual dan kemampuan menjalin komunikasi dan kerjasama (networking) dengan berbagai pihak.
 
Mohon saran dan masukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s