INGIN KAYA, JADILAH PEDAGANG

Jadi petani? Akan selalu berhadapan dengan spekulasi tinggi akibat pengaruh iklim, serangan hama penyakit, dan permainan harga oleh pengepul atau tengkulak.

Jadi konsumen? Akan selalu dipermainkan harga yang dibuat oleh pedagang. Barang murah bisa dijual mahal. Harga mahal akan dijual lebih mahal lagi.

Jadi pekerja? Setiap tetes keringatnya akan dinilai dengan harga yang rendah dan nilainya itu-itu saja, dari honor harian sampai borongan. Sekeras apapun bekerja, peningkatan tidak sampai berbuah keajaiban berlipat.

Jadi pedagang? Wow, anda tidak perlu repot harap-harap cemas di level produsen. Andapun tidak perlu yang pihak yang selalu tergantung, seperti konsumen, karena apa-apa akan selalu menunggu bandrol harga yang dibuat oleh…… pedagang!

Yah, pedagang adalah pihak penjual jasa atau pihak perantara yang otomatis akan menentukan selisih harga untuk keberuntungannya. Jadi pedagang akan selalu untung, bagaimanapun tingkat kualitas dan kuantitas produknya.

So, pedagang hanya dapat dijatuhkan oleh sesama pedagang sendiri. Makanya, jadilah pedagang yang mempunyai jaringan yang kuat, dilandasi kebersamaan dan berbagi rizki secara adil. Selanjutnya, jadilah anda pedagang yang kaya.

One response to “INGIN KAYA, JADILAH PEDAGANG

  1. Thanks pak,
    Aku pak ndagang wae saiki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s