MANAJEMEN ITU ILMU DAN SENI

Jika manajemen itu hanya sekedar ilmu, maka harusnya mereka yang belajar di jurusan manajemen akan menjadi manajer semua. Kenapa kok tidak? Karena manajemen juga merupakan seni, dimana setiap orang punya bakat dan minat tersendiri dalam aliran darah seni ini. Seni inilah yang akan mengantar seseorang pantas dan tidak menjadi manajer.

Kadang kita melihat beberapa orang mempunyai tingat pendidikan yang sama, gelar dan pangkat sama, tetapi masing-masing punya karakter sendiri dalam memimpin. Itulah arti penting seni. Tidak ada kaitan antara gelar dan kepangkatan dalam kemampuan manajerial seorang pemimpin. Jika kita mengenal gelar dari S1 sampai profesor, maka tidak ada jaminan bahwa profesor itu akan lebih baik menjadi manajer daripada yang bergelar S1.

Kemampuan manajerial dapat dikenali dari rekam jejak kegiatannya selama ini. Biasanya berkorelasi positif dengan pengalaman organisasi (leadership), komunikasi sosial dan jejaring (networking). Biasanya, seorang calon manajer adalah mereka yang sering terlibat sebagai pimpinan dalam berbagai kegiatan, mempunyai kemampuan tinggi dalam berkomunikasi dengan siapa saja dan jejaring yang luas.

Manajerial ibarat kita memainkan papan catur. Bagaimana kiat menggerakan seluruh pasukan dan melindungi sang raja. Kadang kita mengutus pasukan kecil. Kadang harus mengorbankan sebagian pasukan. Kadang memancing lawan membuka pertahanan. Kadang menyerang dengan memutar. Kadang harus saling memakan (satu lawan satu). Kadang harus bertahan total karena kedudukan tidak berimbang.

Berbagai jurus dapat dipelajari. Namun kapan jurus itu dipakai, untuk siapa dan dengan bantuan siapa; itulah seni seorang manajer. Kadang manajer harus dicela banyak orang karena dia membuat kebijakan yang tidak populer. Namun akhirnya banyak orang akan hormat dan mengakui keunggulannya karena diakhir akan diketahui bahwa dia adalah orang pilihan dengan prestasi membanggakan.

2 responses to “MANAJEMEN ITU ILMU DAN SENI

  1. wah mntap kragka brfkirnya, keren.,
    thanx ya

  2. mantap..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s