PERJALANAN ILMU

Kita sadar bahwa ilmu pengetahuan senantiasa berkembang, sejak manusia diciptakan sampai saat ini. Setiap generasi manusia berusaha mempelajari khasanah ilmu pengetahuan di eranya. Kita sendiri mengenal beberapa era, seperti era batu, era bercocok tanam, era industri, dan era informasi. Dari sisi lain, kita juga tahu bahwa secara biologis kapasitas otak manusia tidak banyak berubah. Tetapi anehnya, seakan kemampuan otak manusia demikian dinamisnya sehingga mampu menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Dimanakah rahasianya?

Dalam satu dekade, kita mengenal perkembangan komputer dari pentium I, II, III, IV, centrino, dan seterusnya. Ternyata hampir tiap tahun teknologi komputer berubah semakin canggih. Demikian juga peralatan canggih lainnya. Namun semua alat itu tetap dijalankan oleh makhluk yang namanya : manusia.

Jika mengamati generasi remaja saat ini, betapa mereka seperti terlahir untuk mudah menguasai teknologi terkini seperti hand phone, play station, komputer, dll. Padahal di sisi lain, generasi tua saat ini sering ketinggalan penguasaan iptek (baca: gaptek). Namun secara umum era kini menunjukkan fenomena hampir setiap orang dewasa punya hand phone dan sarana kerja yang sangat tergantung pada energi listrik. Mungkin alat hand phone belum terbayangkan pada 20 tahun yang lalu. Dan mungkin pula apa yang kita bayangkan pada 20 tahun yang akan datang sangatlah di luar dugaan. Boleh jadi mimpi manusia tentang era robot, kerusakan dan pencemaran lingkungan, dan pemanasan global akan semakin tinggi.

Namun apapun kondisi perkembangan ilmu pengetahuan suatu waktu, ternyata diimbangi dengan kedinamisan manusia dalam mempelajari dan menguasainya. Mungkin itulah salah satu kebesaranNYA yang kadang sering kita lupakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s