Hidup Bersih

Hidup bersih itu multi makna, tergantung siapa yang bicara dan dibicarakan.

Dalam dunia hukum, di dalamnya ada KPK, Jaksa, Pengacara, Penuntut, Pembela dan Terdakwa; kata “bersih” dimaknai “tidak melanggar undang-undang” atau “tidak terbukti” atau “bebas dari tuntutan”. Pemaknaan “bersih” di sini tidak tepat di-anonim-kan dengan “kejujuran” atau “kebenaran”. Konon, masalah sebesar apapun dapat dialihkan dengan “penangguhan penahanan”, “alasan kesehatan”, “kabur ke negara zone bebas”, atau dicarikan pasal yang sedemikian rupa sehingga separah-parahnya masa hukuman sama dengan masa penahanan.

Beda lagi Hidup Bersih dalam pemahaman para kandidat pencalonan. Konon, bersih diartikan bebas politik uang dan kampanye hitam. Naik pangkat bukan dengan menginjak bawahan. Meraih kemenangan bukan diatas penderitaan banyak orang. Meraih simpati bukan dengan menjelek-jelekan lawan.
Penganut hidup bersih meyakini “wong urip iku bakal ngunduh wohing pakerti” (orang akan menuai hasil dari apa yang diusahakan).

Seorang Ibu punya pakem hidup bersih buat anaknya, yaitu : sebelum makan cuci tangan, gosok gigi sebelum tidur, mandi dua kali sehari, wajib pake sendal/sepatu bila berjalan di atas tanah secara langsung, dll. Saking bersihnya pemahaman, permainan lumpur di sawah atau bermain tanah liat akan dianggap tidak bersih. Makanya mereka lebih enjoy mengajak jalan-jalan di mall karena sudah ada yang nyapu dan nge-pel.

Beda lagi dengan bersih menurut cleaning service. Dikatakan bersih apabila lantai sudah disapu dan di-pel. Bahkan saking rajinnya, seperti di mall dan hotel, petugas kebersihan akan sering sekali membersihkan toilet. Penciuman petugas akan cermat pada bau-bau kotoran.

Ahli dan penggiat lingkungan beda lagi. Kata bersih (clean) dimaknai hidup dengan udara segar tanpa pencemaran asap pabrik/kendaraan, air jernih tanpa limbah, sampah dapat didaur-ulang, dan sebisa mungkin memanfaatkan barang bekas. Penggiat lingkungan bisa mencak-mencak manakala melihat orang membuang sampah sembarangan.

Pak Kyai lain lagi ceritanya. Hidup bersih dimaknai kehidupan yang menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Kemudian dikenal benda suci, benda najis, dll. Bila logika tukang pel mengatakan “sekali pel dijamin bersih”, maka suci dari najis bisa melalui proses pembersihan sebanyak tujuh kali dengan benda-benda tertentu. Hidup bersih juga diartikan orang yang mempunya hati yang suci.

Nah,
Pernahkah kebayang andai mereka semua itu, ahli hukum, politikus, ibu rumah tangga, petugas kebersihan, ahli lingkungan dan pak Kyai; dipersilahkan duduk satu meja guna membahas masalah “Bagaimana Hidup Bersih itu..?”.
Dijamin beberapa stasiun TV akan menayangkan dan jutaan orang akan ikut bingung mengikuti alur bicaranya… ..

One response to “Hidup Bersih

  1. ya dong kan kebersihan itu sebagian dari iman,!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s