Rahasia Artikel Ki Asmoro Jiwo

Perjalanan hidup memang kadang berliku. Kadang harus terjatuh, terluka, menangis, dan bersemangat bangkit lagi. Kadang kenikmatan datang setelah terjerembab dalam penderitaan di sekian waktu. Itulah salah satu “sebab” dari “akibat” yang menginspirasi tulisan Ki Asmoro Jiwo.

Banyak tulisan berasal dari penggalan pengalaman pribadi. Banyak pula yang merupakan hasil pengamatan terhadap semesta ini. Ide bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Bahkan yang terbanyak muncul saat di kamar mandi. Dalam diam, pikiran tetap bekerja, mencoba membaca setiap fenomena di depan mata.

Sepuluh tahun terakhir akrab melayani curhat banyak orang, baik via sms, telp, face to face, email, facebook, dan webblog. Penggalan kisah kehidupan orang sering diangkat menjadi artikel, tentu dengan mensamarkan sang sumber.

Status masa lalu sebagai mantan “calon ustadz” juga turut mewarnai tulisan. Biasanya di alenia terakhir akan muncul nasehat secara tersirat, yang boleh jadi senafas dengan kajian agama (walau tanpa menyebut dalil secara tersurat).

Pengembaran dalam mencari guru juga mewarnai artikelnya. Bahkan beberapa merupakan hasi wejangan sang guru. Sosok guru bisa guru agama, guru spiritual, atau apapun; karena Ki Asmoro Jiwo meyakini bahwa petunjuk itu bisa datang darimana saja dan dimana saja.

Biasanya watak tulisan merupakan gabungan norak, lugu, apa adanya, politik, sosial, agamis dan kadang mengundang senyum. Terkadang hasil kupasannya juga mengundang pro dan kontra. Pro bagi mereka yang memandang tulisan adalah karya, yang bila bermakna dipake, bila ngga yang dilupakan. Kontra bagi mereka yang teguh punya pendapat lain.

Perilaku pembaca juga macem-macem. Ada yang terbuka mengaku. Ada yang diam-diam selalu baca. Ada yang selalu menunggu lanjutan karyanya. Ada yang gak suka. Ada pula yang gak tertarik. yah, namanya juga beda orang beda mau, silahkan saja hehehe….

Nama “Ki Asmoro Jiwo” terkait dengan warna tulisan yang umumnya memuat topik tentang cinta (asmara/asmoro) dan kehidupan/sosial (jiwa). Nama ini berasal dari perenungan seorang sahabat tentang ‘warna’ku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s