Bagaimana Memilih dan Memelihara Pasangan

Tiap orang mendambakan kriteria yang ideal buat pasangannya. Dari ukuran wajah, anggota tubuh, materi, sifat, dll; kesemuanya punya alasan tersendiri. Namun banyak orang juga terlalu gegabah menentukan pasangan tanpa berkaca pada kondisi dirinya sendiri. Ibarat bernafsu beli kulkas padahal di desanya belum ada listrik. Ibarat pengen punya HP padahal di desanya belum ada sinyal yang masuk.

Artinya, menentukan pasangan harus disesuaikan dengan SIAPA yang dipasangkan. Makna pasangan artinya separoh bagian yang harus ‘klik’ manakala dipasangkan dengan bagian yang lain. Boleh jadi perhiasan emas permata sangat cocok dipakai, tetapi menjadi tiada bermakna apabila si pemakai menjadi pertapa (baca: bertahun-tahun tidak ketemu orang lain). Makna hakekat perhiasan adalah untuk dipandang oleh orang lain.

Boleh jadi orang yang cerdas, banyak ide dan hoby memerintah adalah pasangan yang menarik; tetapi menjadi kontraproduktif apabila pasangannya juga mempunyai karakter yang sama. Jadilah tiap hari bersitegang karena sama-sama ingin memerintah dan tidak mau diperintah. Maka dicarilah kriteria pasangan yang saling melengkapi.

Karakter umum lelaki adalah suka terima tantangan dan mudah bosan pada kemapanan. Karakter umum perempuan adalah suka menjaga kemapanan dan sering tidak berani mengambil resiko yang terlalu besar. Kriteria yang lebih spesifik ibarat Im-Yang, dingin-panas, pendiam-cerewet, manja-mengayomi, keras kepala – lembut/penyabar, dll.

Sebelum menentukan bagaimana pasangan, lebih baik secara tepat MEMBACA diri sendiri. “Menurut anda, siapakah anda ini?” begitu pertanyaan awal yang harus dijawab oleh batin secara tulus ikhlas. Langkah berikutnya menentukan karakter yang pas dan saling melengkapi dengan karakter diri sendiri. Karakter orang juga tidak boleh monoton, karena salah satu sifat manusia dan merupakan bawaan orok adalah “manusia mudah merasa bosan”.

Maka, dibutuhkan kedinamisan sifat dengan bentuk perubahan menyelaraskan perubahan yang dialami oleh pasangan. Kita tidak selamanya tegar, kadang juga rapuh, sedih dan bahkan kekanak-kanakan. Orang yang rapuh butuh pertolongan dan ketegaran. Orang yang sedih butuh sumber kegembiraan. Orang manja butuh pihak yang mau memanjakan. Tidak selalu yang tua mengalah terus. Tidak selalu yang muda tidak bisa tampil sangat dewasa. Tidak selalu si cewek manja melulu, kadang lelakipun butuh dimanjakan.

Artinya, seseorang harus belajar menjadi figur yang multi karakter. Kadang dia sangat dewasa, manakala pasangannya sangat rapuh dan butuh bimbingan. Kadang dia sangat ceria dan lucu, manakala pasangan butuh teman bermain. Dan seterusnya.

Manajemen konflik juga butuh kedinamisan. Terkadang rayuan tertentu akan ampuh pada saat ini, tetapi sangat menyebalkan manakala selalu diulang-ulang. Terkadang menasehati tidak selalu dengan menyalahkan, kadang kita perlu mengajak pasangan ke peristiwa lain tempat yang bermakna nasehat, misalnya nonton film dengan hikmah tertentu. Terkadang kita harus terdiam manakala pasangan sedang dalam puncak pe-ngomel-an.

Terakhir, kadang kita begitu sangat toleran pada teman dan sahabat pada sesuatu kekurangan atau kegagalan. Tapi, kadang kita terlalu bernafsu untuk menyalahkan dan mengatur manakala pasangan melakukan hal yang sama. Di sinilah kita perlu membangun jiwa besar, sehingga ritme hidup selaras dengan gelombang-riak aliran air kehidupan yang serba misteri dan butuh kewaspadaan.

Selasa, 6 Oktober 2009 pukul 23.30 WIB

Ki Asmoro Jiwo

One response to “Bagaimana Memilih dan Memelihara Pasangan

  1. ki q bingung skali. karakter orang yg sangat kucintai sam dgn karakterku yaitu pendiam dan pemalu tpi kta blom berpacaran lo.. coz dia nolak melulu. trus jalan terbaik untk mndapatkan si dia dgn cara apa ki? kirim ke email ku ya/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s