Khasanah Pengobatan

Hampir semua orang menginginkan selalu sehat. Tetapi hampir semua orang pernah merasakan sakit. Ketika sehat, kadang sering mengambil resiko ini-itu, sehingga tanpa sadar mendorong diri pada status “sakit”. Setelah sakit datang, banyak orang baru teringat pentingnya sehat. Baru terasa betapa gak enaknya kalau sakit.

Upaya pengobatan dilakukan dan disesuaikan dengan jenis sakitnya. Secara umum, sakit terbagi dua, yaitu sakit psikis (jiwa) dan sakit fisik (raga). Gejala sakit pada fisik dapat disebabkan oleh gangguan fisik atau psikis. Contohnya : Pusing. Orang yang telat makan bisa pusing. Mata yang silau oleh terik matahari dapat menyebabkan pusing. Terpaan angin panas dan dingin bersamaan ke wajah bisa menjadikan pusing. Banyak utang bisa pusing. Doi ngambek membikin pusing. dll. Jadi apabila ingin mengobati pusing, telusuri dulu apa penyebabnya. Jangan gegabah langsung meminum obat penghilang rasa sakit.

Banyak metode pengobatan yang ada di sekitar kita. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Ada yang menggolongkan antara cara medis dan non medis. Tetapi metode pengobatan ini banyak ragamnya. Berikut ini pemaparan tentang metode pengobatan tersebut. Pemilihan jenis mana yang disukai, tergantung kemantapan hati si pasien dan orang-orang di dekatnya.

1. Cara Medis (kedokteran)
Mungkin metode ini paling banyak diyakini manusia untuk menyembuhkan mereka yang sakit, baik secara fisik maupun psikis. Sakit ringan diberi obat jalan, artinya minum obat sambil tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Sakit berat, harus opname atau menginap beberapa hari di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif. Sakit super berat akan masuk ruang ICU yang perlu penanganan 24 jam.
Biasanya dokter akan memberikan obat berdasarkan gejala sakit yang dirasakan oleh pasien. Tahunya gejala didapat dari pengakuan pasien atau pengukuran/diagnosa oleh sang dokter. Biasanya satu gejala diberi satu obat. Jadi kalau keluhanya makin banyak, obatnya makin banyak juga.
Cara medis ini sering jadi momok bagi masyarakat kalangan bawah, terutama apabila sakit berat (harus opname) dan sakit sangat berat (masuk ruang ICU). Dengan alasan beaya, biasanya mereka menghindari untuk mondok di Rumah Sakit. Mereka sering mencari alternatif lain untuk pengobatan penyakitnya.

2. Cara Pemijatan
Jenis pijat refleksi mendasarkan pemusatan pemijatan pada sekitar telapak kaki dan tangan, karena di area itu terdapat ujung-ujung syaraf dari seluruh tubuh. Sehingga sakit di bagian perut dan kepala cukup dilakukan pemijatan di telapak tangan dan atau kaki.
Ada juga pemijatan untuk memperbaiki otot (keseleo) dan tulang geser, yang dalam dunia medis dikenal istilah fisioteraphy. Pijat otot ini ada seni tersendiri. Rasa sakit pada titik tertentu kadang merupakan dampak dari kelainan di titik yang lain. Misalnya tempurung lutut geser, dapat menimbulkan bengkak pada pangkal kaki, karena pangkal kaki bekerja ekstra keras untuk menopang ke-abnormal-an kerja lutut.
Ada pijat urut, yang biasanya sekujur badan diluluri minyak urut dan dilakukan pemijatan dan urut. Cara ini cocok untuk menghilangkan rasa lelah sekujur badan.
Ada model totok, baik totok wajah maupun totok pada titik yang lain. Biasanya totok dilakukan pada titik tertentu secara kuat, ditahan sampai 3-5 tarikan nafas, baru dilepas tekanannya. Model totok ini umumnya bertujuan untuk melancarkan peredaran darah.

3. Cara herbal / Natural / Jamu
Cara paling alami biasanya dengan merebus daun/akar/batang/buah tanaman tertentu, bahkan kadang hewan tertentu, yang kemudian dimakan atau dioleskan pada bagian yang sakit. Cara langsung ini sering dihindari orang karena biasanya berasa pahit untuk bahan tanaman dan jijik untuk obat dari hewan.
Kemudian muncul pengemasan bahan herbal tadi menjadi serbuk siap seduh, model tablet, atau bentuk lain yang mudah untuk dikonsumsi tanpa takut rasa pahit. Apabila sudah dikemas, ada orang yang meragukan ke-natural-annya, tetapi ada juga orang yang sangat yakin.
Perlu hati-hati pada iklan bahwa satu jenis tanaman atau hewan dapat menyembuhkan banyak penyakit. Umumnya, untuk menyembuhkan banyak penyakit membutuhkan kombinasi herbal makin banyak.

4. Cara Psikis
Cara ini bukan sekedar untuk mengobati sakit psikis, karena ternyata banyak sakit fisik yang disebabkan oleh psikis. Contohnya sakit Maag. Dulu orang beranggapan bahwa Maag disebabkan oleh pola makan (sering telat makan). Namun sekarang diyakini bahwa Maag lebih banyak dirasakan oleh mereka yang punya rasa cemas yang berlebihan. Sering memaksakan mimpi harus jadi nyata.
Metode pengobatan psikis umumnya mendorong pasien untuk rileks (cooling down), baik dengan cara mengatur pernafasan atau membaca doa-doa mohon pengampunan kepada-NYA. Metode ini mendorong manusia ke titik nol, menghilangkan segala emosi/amarah dan memunculkan sikap pasrah yang tinggi. Inilah inti pengobatan secara psikis.

5. Cara Transfer Energy
Manusia diyakini mempunyai energi yang dapat dipindahkan ke manusia lain dengan cara tertentu. Keyakinan, keteduhan dan kenyamanan yang diberikan oleh tabib/dokter kadang sudah menyembuhkan sebagian rasa sakit yang diderita pasien. Tentu pernah kita lihat sebagian orang yang fanatik berobat pada orang tertentu. Ibaratnya, belum diperiksa oleh dokter itu, baru ketemu dan diberi senyum saja, rasanya sudah mau sembuh.
Begitu juga ketika si pasien yang sudah kehilangan semangat hidup, dapat mendadak bangkit dan berusaha keras sembuh manakala di sisinya hadir orang yang sangat dia cintai dan banggakan.
Itulah dua contoh keterkaitan antara energi satu orang dengan energi orang lain. Proses ini yang kemudian diyakini sangat mirip dengan metode pengobatan transfer energi. Ada yang diberikan langsung sentuh (tangan menempel tubuh pasien), melalui media (biasanya air putih), atau diberikan jarak jauh (asal pemberi dan penerima sudah bersepakat). Bahkan doa-doa yang diberikan dengan kekuatan batin nan suci diyakini dapat memberikan suntikan energy besar kepada pasien.

Banyak orang hanya berani memasang papan nama dengan istilah “ahli pengobatan” karena dia hanya bisa mengobati. Urusan kesembuhan, ada kekuatan lain yang menjadi Maha Berkehendak. Apalagi kalau sudah terkait dengan keyakinan bahwa Umur Manusia itu sudah digariskan.

Apapun metode pengobatan yang dipakai, tergantung keyakinan masing-masing orang. Yakin tidaknya dapat timbul dari bukti pasien-pasien sebelumnya yang sudah sembuh, referensi jenis obat yang terbukti ampuh, kemampuan finansial, dan motivasi orang-orang sekitarnya.

Berusaha untuk sembuh adalah kewajiban manusia, dengan cara berikhtiar pada metode pengobatan yang sesuai. Namun sebagai manusia bijak, sebaiknya iringi usaha pengobatan itu dengan doa yang ikhlas, karena sesungguhnya penguasa badan dan jiwa manusia adalah Dzat Yang Maha Berkehendak.

Ki Asmoro Jiwo

2 responses to “Khasanah Pengobatan

  1. TULISAN YG PENUH KENANGAN MAS…
    SAYA INGAT TAHUN2 YG TERCANTUM DIATAS…
    SEKARANG APA PROSPEK YG BAGUS BUAT USAHA DI YOGYA ?
    SAYA MOHON SARANNYA….
    KARENA SAAT INI SAYA BERADA DI PADANG DAN INGIN KEMBALI KE YOGYA BERSAMA ISTRI SAYA YG ORANG YOGYA DAN RENCANA MAU BUKA USAHA DISANA…

    TERIMAKSIH

  2. bisnis di jogja tidak bisa lepas dari 2 hal, yaitu :
    1. komunitas mahasiswa, yang selalu rame, kecuali sebulan pas lebaran
    2. komunitas wisatawan, yang puncaknya pas liburan sekolah
    jadi kalo mencari topik bisnis, orientasikan pada keduanya ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s