Memberdayakan Masyarakat Perlu Waktu

Sore itu di lereng utara Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 700 m dpl, aku menikmati sajian susu murni yang barusan diperah dari sapi anggota kelompok ternak di Dusun Indrokilo Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Sajian susu panas dicampur dengan gula aren, yang juga merupakan hasil olahan penduduk setempat. Lebih lengkap lagi, pemanasan susu dilakukan dengan kompor biogas dari olahan kotoran ternak sapi. Selain sensasi natural, sajian ini juga membanggakan karena semua merupakan hasil produk mandiri.

Hampir 4 tahun aku terlibat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat Indrokilo ini, diajak oleh LSM Bintari Semarang. Sebagai saksi mata, sekaligus berperan sebagai fasilitator, perkembangan masyarakat ini sungguh membanggakan. Banyak cerita yang bisa digali dari kurun waktu ini. Awalnya mereka hanya sekelompok peternak, petani desa hutan dan kelompok wanita. Kemudian menjadikan satu kawasan kecil sebagai demplot, yang didalamnya tumbuh berbagai bangunan dan aktivitas, seperti kampung ternak, rumah kompos, instalasi biogas, rumah pertemuan, embung penampung air, sumur resapan, ombrometer (pengukur curah hujan), rumah pembibitan, tempat pendidikan anak dan hamparan lahan untuk tanaman padi, wanatani, dan strip rumput.
Lokasi ini menjadi langgaran kunjungan banyak pihak, termasuk kunjungan rutin dari mahasiswa Jepang dalam program Ecotour.

Pengalaman yang sama juga terjadi pada waktu sebelumnya di lokasi yang berbeda. Pemberdayaan masyarakat di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang sejak tahun 2003, baru ‘menuai hasil’ sekitar 4 tahun kemudian. Memang banyak pihak yang terlibat dalam pembangunan masyarakat ini. Namun paling tidak aku berbangga karena menjadi salah satu saksi mata dan kadang terlibat dalam pendampingan masyarakatnya.
Model yang terlaksana di lokasi ini adalah pengelolaan hutan negara oleh masyarakat dengan penerapan kampung ternak. Terjadi simbiose menarik antara hutan yang harus dijaga kelestariannya dan hutan pula yang memberikan potensi pakan ternak melimpah untuk penjaganya (baca: masyarakat). Konsep sederhana ini ternyata sangat menarik dan langka, sehingga banyak pihak yang datang bersilaturahmi ke lokasi ini. Yang paling fenomenal adalah kedatangan utusan khusus dari departemen kehutanan Amerika.

Senada dengan perkembangan di Sambak, ada sebuah dusun di lereng merapi yang berkembang pesat sebagai Desa Wisata, tepatnya di Dusun Pentingsari Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Sebuah dusun yang tertata asri dengan koleksi tanaman dan ketersediaan air alam yang melimbah, menjadi sajian Desa Wisata yang banyak menarik ratusan orang yang berkunjung setiap minggunya. Rintisan menuju desa wisata ini juga memerlukan waktu sekitar 5 tahun.

Ada 3 lokasi lain, yaitu di Desa Purwobinangun Kecamatan Turi – Sleman, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem – Sleman, dan Desa Beji Kecamatan Ngawen – Gunung Kidul, yang juga aktif dalam pemberdayaan masyarakatnya. Konsep di Purwobinangun mengedepankan pengelolaan kolam ikan untuk wisata air, Hargobinangun ingin membuat kebun agrowisata di halaman museum merapi dan Desa Beji mengelola Hutan Wonosadi.

Demikianlah, masing-masing lokasi ada karakteristik lahan dan sumberdaya manusia yang khas, sehingga metode dan arah pemberdayaan harus disesuaikan. Belajar dari beberapa lokasi ini, pemberdayaan memerlukan pemimpin lokal yang handal, kebijakan yang sesuai, pendampingan yang intensif dan dana, yang dijalankan seiring waktu 4-5 tahun. Alur pemberdayaan biasanya dari penggalian potensi, peningkatan kualitas SDM, pembangunan jejaring dan komunikasi, introduksi teknologi dan penciptaan pasar untuk kemandirian lokasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s