Seminar Motivasi

Setiap manusia mempunyai motivasi, tetapi banyak manusia yang merasa kehilangan motivasi. Maka dibuatlah kegiatan seminar motivasi, yang umumnya dihadiri oleh mereka yang ingin mendapatkan atau menambah motivasi. Kenapa kehilangan motivasi? banyak alasan yang dikemukakan, dari kejenuhan dalam rutinitas pekerjaan sampai kekecewaan yang amat besar karena kehilangan sesuatu yang membanggakan.

Seminar motivasi digelar dengan berbagai ragam. Biasanya dengan mengutamakan penampilan pengisi acara (pembicara). Namun banyak juga yang dibuat lebih semarak dengan dukungan pembawa acara (host), sound system, media komunikasi dan kenyamanan ruangan yang disediakan.

Seminar motivasi lebih mengutamakan tujuan “menggugah hati”. Hal ini agak berbeda dengan kegiatan outbon yang lebih mengutamakan permainan, canda tawa dan gerakan fisik. Outbon lebih berorientasi pada kegiatan psycomotorik (gerak badan), sedangkan seminar motivasi mencoba menggali (eksplorasi daya nalar dan olah rasa).

Seminar motivasi dimulai dari upaya menggali potensi diri. Menjawab “who am I” (siapakah aku ini?), seperti apa karakter, kelebihan dan kekurangan serta kemana langkah hidup ini kan tertuju.  Selanjutnya memahami keberadaan diri sesuai dengan situasi dan kondisi di sekitarnya. Sejauh mana dukungan atau hambatan yang diberikan oleh lingkungan. Bisa jadi kita merasa mampu, tapi lingkungan menghambatnya. Atau juga sebaliknya, lingkungan sudah sangat mendukung, tapi kitanya bermasalah secara pribadi.

Langkah berikutnya adalah merencanakan strategi menuju tujuan yang dicita-citakan. Seberapa jauh jaraknya, berapa lama daya tempuhnya, dengan menggunakan apa, dibantu siapa, dan memprediksi jenis hambatan apa yang akan ditemui di lapangan. Kita belajar membuat plan A, plan B dan plan C. Belajar pulua secara cepat mampu mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, apa gejalanya dan darimana sumbernya. Pemecahan masalah harus dilakukan sampai pada sumber masalahnya, karena kebanyakan orang terjebak pada gejala atau dampak masalah yang ditimbulkan.

Permasalahan dapat bersumber dari pribadi, keluarga, lingkungan kerja atau masyarakat sekitarnya. Banyak orang terseok-seok dalam melangkah karena terlalu fokus pada kegiatan di satu bidang, tapi mengacuhkan kegiatan yang lain. Kegiatan lain inilah ketika terjadi ketidakseimbangan, akan mampu mengoyak kemapanan yang sudah kita bangun selama ini.

Adapun dalam teknis pelaksanaannya, seminar motivasi perlu memadukan antara potensi peserta, kemampuan pembicara dan kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta. Tentu saja juga perlu didukung oleh tenaga pelengkap dan fasilitas ruang yang memadai.

Sebagai penutup, seminar motivasi dapat dilakukan oleh siapa saja. Tapi ketulusan dan kejujuran hati menjadi kunci utamanya. Sehingga kita tidak tersenyum dan berkata dengan memakai topeng (baca: pura-pura).

Kegiatan seminar motivasi yang dilakukan dalam waktu dekat ini dapat dilihat pada :

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1961672153914.269537.1006126642

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.1964592306916.269664.1006126642

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s