Ayam Kampung, Ayam Potong dan Ayam Jawa Super

Ayam Kampung, Ayam Potong dan Ayam Jawa Super

Dua jenis ayam yang pertama sering kita dengar. Cirinya, ayam kampung biasanya punya serat daging yang kuat dan perlu dimasak lebih lama untuk mendapatkan daging yang empuk. Sedangkan ayam potong (ayam sayur) terkenal dengan daging yang lunak, bahkan tulangnya pun ikutan lunak. Maklumlah, ayam sayur dipanen hanya umur 30an hari, sedangkan ayam kampung bisa berumur beberapa bulan sampai setahun.

Ayam kampung mempunyai citarasa yang khas dan menjadi menu utama kuliner seperti bakmie jawa dan gudheg. Jika menu bakmie jawa digantikan ayam sayur, akan terasa kurang enak. Demikian juga gudheg. Begitu juga dengan menu ayam goreng dan sejenisnya, awalnya masih mengutamakan ayam kampung.

Namun dengan makin berkurangnya peternak ayam kampung, terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah makan yang berkelanjutan dalam jumlah besar, penyediaan ayam kampung menjadi kalah cepat dengan permintaannya. Jika digantikan dengan ayam potong memang bisa, tapi untuk menu khusus seperti gudheg, bakmie jawa, dll kedudukan ayam kampung seakan tak tergantikan.

Lalu hadirlah Ayam Jawa Super, yang konon hasil perkawinan ayam kampung dengan ayam jenis tertentu, yang dikelola dengan model peternakan ayam potong. Makanan yang diberikan ke Ayam Jawa Super sama dengan yang diberikan dengan Ayam Potong, tapi usia panen berbeda. Ayam Jawa Super dipanen pada usia sekitar 2 bulan.

Kelebihan Ayam Jawa Super mempunyai kualitas mendekati Ayam Kampung dan dapat disediakan dengan cepat dan banyak. Sehingga jenis ayam inilah yang sekarang banyak mengisi rumah makan yang menyajikan khas ayam, yang dulunya dari bahan ayam kampung.

Karena usia panen ayam jawa super hanya 2 bulan, maka ukuran ayam ini umumnya masih relatif kecil. Sehingga bagi kita yang awam, kalo melihat ukuran ayam (terutama dari panjang tulang paha/kaki) dapat mengidentifikasi jenis ayam yang mana. Yang jelas apabila ukurannya panjang-panjang, maka bisa dipastikan itu adalah ayam kampung. Tapi jika seekor ajam utuh yang disajikan hanya dihabiskan oleh 2 orang (baca: ukuran kecil), itu dipastikan sebagai ayam jawa super.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s