SERBA SERBI SALAK PONDOH

Ketika sering berkunjung ke Kebun Salak Pondoh di lereng Merapi, ada 3 ilmu praktis terkait perlakuan ke buah salak tersebut :

1. Cara membersihkan duri di Buah Salak
caranya salak-salak tersebut dimasukkan ke ember, lalu ember digoyang-goyang sampai buah-buah salak tersebut berbenturan dan bergerak ke segala arah. Nah, dijamin duri-duri lembut dari buah salak itu sudah rontok.

2. Cara mengupas buah salak
caranya tusuk 2x dengan kuku pada belahan yang terdapat di ujung salak. Lalu pegang buat salak dengan kedua tangan, posisi kedua jempol ada di bagian samping pangkal bawah (yg bulat) dan kedua telunjuk di dekat ujung runcingnya. jempol dan telunjuk pada posisi diagonal. Lalu, tekanlah jempol dan ujung telunjuk itu ke arah dalam pada satu garis yang sama. Biasanya salak langsung terbelah jadi 2 dan mudah sekali mengupasnya.
kalo cara awam, biasanya mengupas dari ujung salak, itu akan berbenturan dengan sisik kulit salak yang runcing.

3. ukuran buah salak pondoh
konon, salak pondoh ukuran besar-besar banyak tumbuh mendekati puncak Merapi, makin ke bawah ukurannya makin kecil. Tapi yang besar biasanya kurang manis dan tidak awet (mudah busuk). Kalo yang kecil lebih manis dan awet.

Bagi yang suka eksotiknya salak, ada salak Gading, yang warnanya kuning. Rasanya lebih sepet, tapi konon memberikan efek pengobatan untuk kesehatan tubuh. Salak Gading jarang kita temui pada penjual-penjual salak.

ada juga yang misteri,
kalo di Sleman terkenal sebutan Salak Pondoh
kalo di Magelang terkenal sebutan Salak Nglumut
keduanya sama-sama di lereng Merapi lho. dan kayaknya bentuk dan rasanya juga sama. Entah memang berbeda atau karena masing-masing daerah ingin memberikan nama yang berbeda walau bendanya sama.

Bagaimana pendapat anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s