Pemimpin : Cari Aman Atau Tantangan?

Bagi seorang pemimpin, ada 2 pilihan yang menarik, yaitu mencari posisi aman atau tantangan baru.

Posisi aman dapat diraih pada pemimpin yang sangat patuh pada aturan/sistem dan tidak berani mengambil resiko karena takut melanggar aturan/sistem yang ada. Pemimpin jenis ini biasanya cenderung adem ayem dan kadang agak lama dalam membuat keputusan yang sifatnya strategis. Bahkan demi posisi aman, hal-hal yang mengandung resiko tinggi akan selalu dihindari. Jika toh harus diputuskan, maka dia memilih untuk minta pertimbangan atasannya atau pihak-pihak lain yang dianggap bisa memberikan dukungan makin menyeluruh. Celakanya, kadang tiap kepala beda pendapat. Sehingga minta pertimbangan pada banyak orang tanpa dilandasi oleh keyakinan diri yang teguh, akan membuat pemimpin ini seperti tidak berkarakter alias keputusannya banyak dikendalikan oleh pendapat orang. Tipe pemimpin “aman” ini biasanya rawan terhadap tekanan dan kongkalikong oleh pihak-pihak lain yang lebih kuat.

Lain lagi dengan pemimpin yang progresif dengan jiwa leader plus manajer. Slogan dia, tugas pegawai/bawahan adalah menjalankan aturan/sistem yang sudah ada. Pelanggaran akan berbuntut sanksi. Tapi bagi pemimpin, berhak membuat kebijakan atau terobosan, yang boleh jadi akan berbeda dengan aturan/sistem yang sudah ada. Terobosan ini dimaknai sebagai inovasi yang mengandung resiko. Jika gagal, dia sudah berani mencobanya, dan dia siap mundur atau dipecat. Jika berhasil, dia mampu menghasilkan keputusan baru yang mendorong kemajuan tim.

Jadi, bagaimana langkah pemimpin itu adalah pilihan.
Apakah duduk manis dengan mengamankan posisi kursi jabatan ataukah rela berkorban untuk idealisme baru yang penuh tantangan.
Apakah akan duduk manis tanpa gebrakan baru, sampai-sampai anak buah tidak tahu apa peran pemimpin bagi mereka. Atau berani mengambil tantangan, yang berujung pada kepemimpinan kharismatik atau berkorban untuk kebaikan banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s