Manajemen Stress

Kenali Situasi
Ada kalanya suasana tertentu akan mudah menimbulkan stress. Maka sebaiknya kita mengenali situasi tersebut, jika ada tanda-tanda ke sana, segera hindari dengan mengubah suasana tersebut menjadi lebih cair (kondusif) atau jika tidak mampu bersegera untuk sementara waktu pergi meninggalkan suasana tersebut.

Kenali Diri Sendiri 
Tiap orang punya kapasitas tertentu. Ibarat sebuah gelas, daya tampung masing-masing akan berbeda. Kita harus memahami kapan kita ‘kosong’ (baca: butuh teman atau keceriaan orang lain), kapan kita sudah penuh terisi (baca: jenuh pada permasalahan yang dihadapi). Dengan demikian kita bisa mengukur diri, kapan kita melangkah, kapan berhenti, kapan menghindar, dsb-nya.

Masalah dibuat sendiri (Dampak perfeksionis)
Mendekati sempurna itu baik, tapi selalu memaksakan agar diri sendiri atau orang lain untuk selalu sempurna, itu dapat berujung pada penyiksaan batin berkepanjangan. Orang yang sering mengalami hal ini adalah mereka yang punya sifat perfeksionis. Sehingga perbuatan orang lain dianggap tidak sempurna, kecuali diri sendiri. Akhirnya apa-apa dikerjakan sendiri, lalu capek sendiri, kemudian tersiksa sendiri.
Sehingga kita perlu mengelola pekerjaan, mana yang harus dikerjakan sendiri, mana yang sebaiknya dikerjakan orang lain. Mana yang dikerjakan hari ini, mana yang esok hari.

Hidup apa adanya
Kata leluhur, hidup itu “ngetutke ilining banyu” (mengikuti aliran air). Artinya perlu penyelarasan diri dengan alam semesta ini. Makanya ada konsep sabar narimo (ikhlas). Setelah semua usaha dilakukan, ada waktunya kita untuk pasrah pada kehendak-Nya. Apapun hasil, yakinlah itu yang terbaik untuk kita saat ini. Lalu disambung usaha berikutnya, kemudian diterapkan ikhlas menerima hasilnya. Dan seterusnya.

Ki Asmoro Jiwo 

*bahan dikumpulkan dari berbagai sumber dan perenungan diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s