TIPS KESEHATAN : OBAT SAKIT MAAG

TIPS KESEHATAN : OBAT SAKIT MAAG

Apa penyebab sakit Maag?
Ada yang mengatakan karena sering telat makan. Telat makan menyebabkan asam lambung meningkat dan melukai dinding lambung.
Ada juga yang mengatakan bahwa sakit maag dipicu oleh perasaan batiniah yang sering cemas. Kecemasan akan memicu produksi asam lambung.

Produk obat kimia yang beredar di pasaran, umumnya berfungsi untuk menetralisir asam lambung ini. Sehingga secara cepat dapat meredakan sakit maag. Namun obat ini tidak dibuat untuk menyembuhkan “penyebab” sakit maag.

Ada juga obat herbal yang diyakini mengandung antibiotik alami, seperti kunyit. Diyakini pula biangnya kunyit (empu, bagian yg bulat) dianggap mempunyai kemampuan antibiotik tertinggi. Para pembuat jamu tradisional biasanya sering menyertakan kunyit ini sebagai salah satu ramuan.

Ada juga metode pengobatan diri, dengan cara berbaring rileks, mata terpejam, berdoa dengan khusyu atau dzikir, dan telapak tangan ditempelkan pada ulu hati (perut bagian atas). Lakukan metode ini selama 10-20 menit. Biasanya akan muncul hawa hangat di telapak tangan dan rasa sakit di lambung akan berkurang.

Teknik pengobatan alami berikutnya adalah dengan meminum air putih hangat. Air putih ini akan mengisi lambung dan hawa hangat diyakini akan menurunkan asam lambung. Jadi apabila terasa maag-nya akan kambung, segera minum air putih hangat.

Bagaimana mengobati kecemasan yang berlebihan?
cemas itu boleh dan manusiawi, tetapi sering cemas itu kurang baik
takut itu boleh dan manusiawi, tetapi sering ketakutan itu kurang baik
intinya, sesuatu yang berlebih-lebihan biasanya berdampak kurang baik.

cemas itu muncul karena terlalu berharap A padahal faktanya masih B. misalnya berharap “X sudah pulang” tapi ternyata “X masih di jalan” dan belum memberi kabar “sampai mana?” dan “jam berapa nyampe-nya?”. Biasanya rentang penantian yang makin panjang, akan menimbulkan kecemasan makin lama.
Hal-hal seperti inilah yang membuat orang akan semakin sering dilanda kecemasan.

Solusinya adalah dengan mengelola batin untuk meredakan kecemasan diri. Misalnya dengan “menetralisir” batin melalui bacaan dzikir yang diyakini, lalu memasrahkan segala urusan yang di luar jangkauan manusia itu kembali pada-Nya, dan mengupayakan untuk selalu berprasangka baik.

Demikianlah beberapa metode pengobatan sakit maag, melalui doa, energi, herbal dan obat kimia. Cara mana yang akan dilakukan, tergantung dari masing-masing orang untuk memilih dan meyakininya.
Prinsipnya “pecahkanlah masalah sampai sumbernya”

Semoga tips ini bermanfaat

Yogyakarta, 16 September 2013

Ki Asmoro Jiwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s