INVESTASI KEHIDUPAN

INVESTASI KEHIDUPAN

Oleh : Ki Asmoro Jiwo

Ibarat main catur, banyak orang hanya berpikir “satu langkah ke depan”, artinya hanya memikirkan masalah yang dihadapi di depan mata dan apa solusinya. Namun bagi pemain catur handal, dia akan berpikir “empat sampai lima langkah ke depan”, artinya dia tidak hanya memikirkan solusi dari masalah yang sekarang dihadapi, tapi solusi bagi masalah-masalah lain yang diprediksi akan timbul, baik dari dampak langkah dia sendiri atau mengantisipasi dampak dari strategi jitu serangan lawan.

Dalam mengarungi kehidupan ini pun sama, kita perlu mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi di masa depan.
Misalnya saat sekolah/kuliah, sudah memikirkan masa mencari kerja, menikah, berkarier, dll.
Misalnya saat punya anak kecil, sudah memikirkan bagaimana saat dia sekolah SD sampai kuliah.

Bahkan kita perlu memikirkan hal-hal kecil yang terkadang dianggap tidak akan memberikan dampak di masa depan, padahal boleh jadi akan memberikan dampak luar biasa.
Misalnya, kita sering tidak peduli dengan pertemanan dan komunikasi sosial, padahal itu sangat penting untuk silaturahmi, kehidupan sosial dan bahkan berdampak pada limpahan rizki.

Banyak orang terlalu percaya diri anti pada komunikasi online, padahal sebagian besar komunikasi saat ini dilakukan secara online, seperti email, mailing list, facebook, twitter, dll.
Mereka akan mulai kedodoran ketika anak-anak ternyata sudah terbiasa online. Mereka yakin bahwa anaknya tidak “neko-neko” (buat ulah) karena sering duduk manis di dalam kamarnya. Mereka tidak tahu bahwa si anak sudah berselancar di dunia maya dengan hebatnya, yang otomatis akan terkena dampak positif maupun negatif.

Jadi,
sangat penting kita melakukan investasi kehidupan.
Untuk diri sendiri, tak ada ilmu yang tidak manfaat. Apapun yang kita pelajari hari ini, dapat dimanfaatkan untuk masa depan,
Untuk keluarga, segala hal perlu disiapkan karena keluarga berjalan seiring waktu, yang didalamnya akan terwarnai oleh berbagai masalah serta terbatasi oleh kontrak waktu (umur), kecocokan (jodoh) dan kesejahteraan (rizki),
Untuk komunitas masyarakat, ada kemungkinan perjalanan mengantarkan sebagian pergi dan sebagian akan menjadi warga baru. Dinamika kehidupan masyarakat perlu diantisipasi sampai pada kehidupan masa depan.
Untuk negara dengan dinamika politiknya, perlu kita berpikir investasi jangka panjang agar jelas negara ini mau dibawa kemana sesuai dengan cita-cita luhur bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s