BELAJAR DISIPLIN

BELAJAR DISIPLIN

Disiplin itu dimulai dari diri sendiri. Pendidikan usia dini tentang disiplin yang dicontohkan oleh orangtua akan memegang peranan penting. Bagaimana ibu dan bapak memberikan pendidikan secara terjadwal sampai hitungan jam, misalnya: bangun tidur jam sekian, sarapan jam sekian, harus sudah pulang sampai rumah jam sekian, dll.

Setelah usia beranjak remaja sampai dewasa, kedisiplinan dapat dilihat dari bagaimana kondisi kamar tidurnya. Bagaimana penataan ruangnya. Bagaimana kebiasaan dia di kamar, misalnya dimana tidur, dimana menaruh handphone, dimana menaruh sampah, dll. Disiplin tinggi ditandai dengan konsistensi penempatan yang teratur. Misalnya HP selalu ditaruh di atas meja belajar, dll.

Kedisiplinan di luar rumah dapat dilihat bagaimana seseorang mengatur jadwal bepergian, baik dalam rangka urusan pribadi, atau terkait janjian dengan orang lain. Jadwal pribadi misalnya jam berapa kuliah dan jam berapa harus sudah pergi dari rumah menuju kampus. Jadwal dengan orang lain misalnya terkait dengan kerjasama tim, orang lain harus mengerjakan apa sesuatu target waktu dan kita pun wajib mengerjakan apa sampai target waktu. Sehingga semua bisa berjalan lancar tepat waktu.

Bagaimana jika kita tidak bisa disiplin atau tidak bisa tepat waktu dari yang dijanjikan? lakukan klarifikasi segera. Misalnya kita berjanji nanti malam mau kirim pulsa. Ternyata malam itu kita super sibuk dan tidak sempat beli pulsa. Maka segera kirim kabar, misal “maaf aku belum bisa kirim pulsa malam ini, besok pagi saya usahakan sudah terkirim”.

Ingat, kedisiplinan dimulai dari hal-hal yang sepele di sekitar kita. Namun semua akan terbangun membentuk karakter kuat dan kualitas diri. Jangan sampai kesan banyak orang akan lebih banyak negatifnya terhadap diri kita, karena mereka sudah banyak dikecewakan akibat sikap inkonsistensi yang terbangun dari kegagalan pelajaran disiplin.

Ki Asmoro Jiwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s