TERAPI OKSIGEN

edisi kesehatan
——————–

TERAPI OKSIGEN

Lingkungan yang makin tercemar dan kebiasaan diri yang kecapekan kurang istirahat akan memicu tubuh cepat menua, yang ditandai kulit kusam dan mudah keriput. Apalagi jika berkulit kering, akan lebih mudah lagi terjadi. Maka di era modern ini banyak orang beramai-ramai melakukan terapi oksigen dengan tujuan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Terapi oksigen ada dalam bentuk minuman yang konon katanya banyak mengandung oksigen (O2). Harganya pun akan lebih melambung dibandingkan air mineral biasa. Sebenarnya air dari mata air pegunungan itulah yang banyak mengandung oksigen. Atau air jernih yang berasal dari sumur yang tidak tercemar. Cara kerja memasukkan oksigen secara sederhana dapat dilihat dari kerja aerator dalam aquarium untuk menjaga agar ikan-ikan tetap hidup dengan ceria. Cara alami memasukkan oksigen adalah sering minum air putih yang menyegarkan.

Terapi oksigen dalam bentuk suntikan biasanya dilakukan pada kulit, dengan tujuan agar kulit lebih cerah dan bersinar. Ini adalah cara instan dan mahal. Sebenarnya mereka yang suka berolahraga juga akan menghasilkan kulit yang lebih cerah bersinar, apalagi ditambah dengan asupan sinar matahari pagi. Banyak perempuan melakukan perawatan ini ketika menjelang upacara pernikahan atau hajatan besar yang butuh penampilan fisik cantik dan prima.

Cara alami berikutnya untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh dengan meditasi atau duduk berdzikir. Aliran pernafasan yang teratur dan fokus hati dengan membaca doa tertentu menyebabkan tubuh akan mengalami peningkatan stamina dari masuknya oksigen ini. Teknik pernafasan yang dipakai biasanya “segitiga”, yaitu tarik nafas, tahan nafas dan lepaskan/keluarkan. Lakukan pada jeda waktu sama, misal masing-masing 3 detik. Jika sering dilakukan, jeda waktu bisa ditingkatkan.

Cara alami lainnya dengan mendatangi tempat-tempat yang kadar oksigen udara sangat banyak, seperti lereng pegunungan dengan banyak pepohonan dan pantai. Apabila kita sering datang ke tempat itu, maka asupan oksigen dalam tubuh kita akan meningkat pula.

Sekedar tips kesehatan, apabila anda termasuk orang dengan asupan oksigen di bawah normal, misalnya karena asma, depresi, tekanan darah rendah, dan sinuitis, maka jangan melakukan olah raga yang terlalu berat (baca: butuh asupan oksigen banyak), misalnya main bola, lari, dll. Tapi lakukan jalan sehat sesuai kemampuan.

Ki Asmoro Jiwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s