Konsultasi Ilmiah

Halaman ini khusus melayani dialog yang terkait dengan permasalahan lahan dan lingkungan, terutama terkait dengan faktor tanah, air, tanaman, iklim dan sosial masyarakatnya. Silahkan mengungkapkan permasalahan yang dihadapi di suatu lokasi, selanjutnya kita dialogkan untuk mendapatkan solusi terbaik.

37 responses to “Konsultasi Ilmiah

  1. Allo..Mo tanya ni..Tanaman yang cocok untuk rehabilitasi daerah pertambangan apa (fitoremediasi)?Bagaimana cara penelitian tentang masalah tersebut?Tolong dibantu y!!!
    Tolong kirim jawaban ke alamat email saya.
    Terima kasih…
    Semoga dialog ini bermanfaat…
    Amien…

  2. Fitoremediasi adalah reklamasi tambang yang bertujuan mengurangi kandungan bahan pencemar di dalam tanah dengan menggunakan tanaman yang mampu menyerap zat beracun ini. Jadi, mengurangi racun secara pelan-pelan. Jenis tanaman yang digunakan antara lain : encenggondok, kubis, dll.

    Namun reklamasi yang sering dilakukan orang adalah dengan revegetasi, yaitu menanami kembali lahan bekas tambang tersebut dengan tanaman yang prospektif (nilai ekonomi tinggi). seperti sengon, jati, dll.

    Untuk menentukan metode dan jenis perlakuan (tanaman) yang cocok seperti apa, perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang lokasi penambangan, seperti :

    – tingkat kerusakan lahan

    – tingkat kesuburan lahan

    – analisis kesesuaian lahan

    – penanaman dan pengelolaan lahan

  3. assalamualaikum….pak kun yang baik…..mbok dian di cariin referensi buat tesis…sosial jg boleh yang ada hubungannya ma lingkungan pokoknya,

  4. sory maksud dian judul tesis,

  5. membuat tesis, dimulai dari survei ke beberapa lokasi dan melihat permasalahan apa yang terjadi di sana. mungkinkah itu diangkat menjadi judul tesis? tentu dian sendiri yang tahu khan.
    masalah lingkungan dan sosial sangat kompleks. bisa aja CSR dan PES menjadi kajian, karena ilmu ini yang sedang trend.

    selamat mencoba dan moga sukses yaa

  6. Mas Kun, saya punya sedikit lahan dan belajar beternak bebek kecil kecilan. Dikandang saya saya taruh jerami supaya bebek merasa hangat, secara periodik jerami diganti dan tentunya jerami plus kotoran bebek tsb lama lama menggunung. Saya punya rencana membuat pupuk dari sisa jerami tsb. Bagaimana supaya jerami dg kotoran bebek ini bisa hancur dan dijadikan pupuk tanaman? kalau ada chemical pencampurnya dimana belinya dan kira kira berapa harganya?. Terima kasih banyak mas.

  7. Campuran jerami dan kotoran bebek memang sebaiknya dikomposkan. Caranya dengan membuat bahan tersebut secara berlapis dengan ketebalan sekitar 20-30 cm. Diantara lapisan tersebut taburkan : kapur, urea, SP36, dan sirami dengan air sampai mencapai lembab. Demikian juga dengan ruang antar lapisan yang lain. Kemudian setiap minggu dilakukan pembalikan dengan skop untuk memberi ruang udara dan penyiraman secukupnya.
    Cara ini lebih mudah diaplikasikan.
    Namun jika anda cukup uang dan ingin mengolah lebih cepat, dapat ditambahkan starter cairan berisi mikrobia perombak.

  8. hi pak kun,,,
    pak ku mau nanya neh…
    gimana seh cara mengatasi tanaman sawit yang terkena penyakit: pelepahnya selalu membengkok dan daunnya berwarna kuning. umurnya kira-kira 5 tahun.
    gimana solusinya dan pupuk apa yang cocok buat sawit tersebut ?
    trimakasih sebelumnya…

  9. tanaman sawit termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh pada kondisi lahan yang kurang ideal. namun untuk mendapatkan kondisi produksi sawit yang ideal perlu kondisi lahan yang ideal pula. informasi gejala bengok dan kuning yang diberikan masih sangat kurang, namun saya menduga ada serangan penyakit dan atau kondisi tanah yang kurang sesuai, diduga akibat kekahatan unsur hara tertentu.

    cobalah membandingkan antara kondisi lahan yang bagus dan kurang bagus tersebut pada area yang sama. amati hal-hal apa yang membedakannya. indikator pengamatan antara lain : kemiringan lereng, ketinggian tempat, ketebalan tanah, lapisan pembatas (yang menghambat pertumbuhan), pH tanah, kadar hara tanah (terutama NPK), kedalaman air dan pH air, dll.

    warna daun yang cenderung menguning biasanya karena kekurangan hara N.

    adapun sawit yang ditanam pada lahan ber-pH rendah, seperti di kalimantan dan sumatera membutuhkan pasokan pupuk yang slow realese, seperti pupuk phospat alam.

    saya ada kenalan pembuat pupuk di wonosari, mungkin perlu dicoba di lahan tersebut.

    siapa tahu menjadi solusi dari masalah lahan sawit ini.

    lebih lanjut anda bisa konsultasi dengan ahli agronomi yang mendalami hama dan penyakit. saya konsentrasi ke permasalahan lahan

    semoga berkenan

  10. tp pak saya rasa itu bukan masalah lahannya, kemungkinan saya rasa itu kena penyakit soalnya dari -+130 pohon dalam 1 hektar itu cuma ada sekitar 3 – 5 pohon saja yg terkena begitu.
    jd pak klw tanah kekurangan unsur hara kira2 pupuk apa yg cocok dan harganya terjangkau.
    makasih.

  11. hi pak,,,
    klw bunga anggrek cocoknya di tanam ditanah yg bagaimana ?
    makasih

  12. Saya setuju dengan analisa anda. Memang untuk mengatakan apa penyebab, harus dilihat dulu trend-nya. Karena bisa karena lahan atau faktor insitu karena serangan hama penyakit.
    Tanaman kekurangan unsurhara? ya tergantung unsur hara apa yang kurang. Terutama dari 16 jenis hara yang dibutuhkan tanaman. Khalayak biasanya lebih mengenal pupuk lengkap dengan NPK.
    Namun saya ada kenalan pembuat pupuk dari rhockphospat di Gunungkidul, yang produknya banyak di beli oleh pabrik pupuk. Bahannya juga dikombinasikan dengan Guano dan bubuk ikan. Hasilnya mempunyai kadar P tinggi dan juga mengandung unsurhara yang lain. Sangat cocok untuk lahan sawit di Kalimantan dan Sumatera yang ber-pH relatif rendah. Harganya juga cukup murah karena hanya sekitar Rp 1.000,-/kg (belum termasuk ongkos kirim). Agaknya beberapa minggu ke depan pupuk ini mulai dipasarkan sendiri oleh pembuatnya. Jika berminat, mungkin bisa minta sampel untuk diuji di lahan Bapak, siapa tahu cocok.

  13. saya kul di prodi pembangunan wilayah.
    topik?
    masih bingung juga..
    pengennya bkaitan dg pariwisata pantai.

  14. kuliah di fak geografi UGM yaa?
    pembangunan wilayah memadukan anasir lingkungan biotik dan abiotik sebagai pertimbangan dalam melakukan pembangunan wilayah, sehingga segala dampak dapat diantisipasi.
    pariwisata pantai di gunungkidul memang prospektif karena view-nya sangat bagus, seperti baron, kukup, krakal, gesing, wediombo, dll. namun rata-rata akses jalan ke sana masih berkelok naik turun dan ada beberapa yang masih berbatu.
    Sekali lagi, kendala di sana adalah akses transportasi. Itu masalah utama yang harus Kiki pecahkan…..

  15. iy,pak.HE…5X
    bisakah saya konsultasi dengan Bapak tanpa dimuat?lewat email mgkn…

  16. Gimana caranya membuat CH4 berbentuk cair ? saya mau dagang biogas isi ulang

  17. kiki : silahkan email ke maskund@yahoo.com yaa….
    yadi : maaf mungkin bisa tanya ke ahli kimia yaaa, saya tidak menguasai materi ini

  18. Om Kund, long time no see yahh? pripun sehat? Lia ru ribet penelitian niy, moon litelature yang bisa Lia pake di penelitian Lia, pusing oM, hehe…
    baru mw ngajuin proposal niy, rencana judulnya:

    Pengaruh Kualitas Pengembangan Swadaya Masyarakat dan Pemberdayaan Potensi Agrowanawisata melalui Pendekatan Sosio-Kultural Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Desa Berbasis Lingkungan/Komunitas.
    Lia pake metode kuantitatif, jadi nantinya mw survei dlu ke masy nya. mohon bntuan ya oM..lam bwt bulek Ade, mm….

  19. ada bahan untuk perusakan lahan dikabupaten kudus?

  20. Lia : judulnya panjang banget, kayak S2 aja. coba sederhanakan, sehingga mudah melangkahnya.

    polita: tahun 2007 aku penelitian di Kudus, tapi untuk kesesuaian lahannya.

  21. Assalamu,alaikum, mas Kun, saya punya pohon durian,setiap tahun bungnya banyak, baru sekali jadi buah dan itupun hanya satu buah dalam pohon tersebut. saya mohon terapinya, bagaimana agar bunga tersebut bisa jadi buah, terima kasih, harap jawab lewat email saya ini. Wassalam. Pak Supranto

  22. waalaikumsalam
    saya bukan ahli budidaya pohon durian, namun akan saya coba jawab semampu saya sbb.:
    dapat tumbuh dan tidaknya, serta berbuah atau tidaknya suatu tanaman, akan tergantung kondisi agroekologi (tanah, air, topografi, ketinggian tempat, dan iklim) yang cocok atau tidak untuk tanaman tersebut.
    berdasar cerita bapak, berarti tanaman itu sudah dapat tumbuh namun belum dapat berbuah secara maksimal. maka terapi yang tepat adalah upaya meningkatkan pembuahan tersebut.
    pertama, buah akan maksimal jika ketersediaan unsur hara P optimal di dalam tanah. cobalah cek apakah sudah dipupuk P (TSP, SP36 atau rockphospat) dan dengan dosis yang sesuai.
    kedua, pembuahan akan cenderung gagal jika dalam tahap pembungaan banyak terjadi hujan deras. cobalah cek apakah kemarin terjadi hal demikian.
    ketiga, pembuahan tidak akan optimal jika terserang hama dan penyakit. cobalah cek.
    keempat, terkadang pohon tidak mampu membuahkan semua buat kecil (pentil, bhs jawa), sehingga kita perlu melakukan penjarangan pada buah di pohon. caranya, buah yang banyak dikurangi dan jarak antar buah sekitar 1 meter.
    semoga jawaban ini membantu….

  23. Weh huebat dikau. Selamat yee.
    Gininih, di muka mesjid kami saya tanami matoa. Usia kira-kira 6 tahunan. Sudah beberapa kali berbuah. Enak tenan. Belakangan ini daun-daunnya terkena penyakit seperti karatan. Berguguran dan kelihatannya mau mati.
    Sebelum matoa juga pernah ada angsana. Mati dengan cara yang mirip. Kira-kira kena apa ya mbah? Apakah yang sudahsekarat tersebut dapat diselamatkan?
    Nuwun

  24. Sebelum masuk musim hujan kemarin ini, musim kemarau berlangsung sangat terik, sehingga banyak terjadi kekeringan. Mungkinkah matoa bapak kekurangan air?
    Namun memang suasana iklim yang ekstrim akan menimbulkan masalah lanjutan berupa serangan hama penyakit.
    Saya kok curiga dengan kondisi dalam tanahnya, mungkin ada serangan penyakit yang mirip, misalnya uret, karena pernah terjadi pada angsana. Saran saya, perlu memberikan shock teraphy ke bagian media tanam, misalnya dengan disiram besar-besaran, diberi kapur atau ditaburi lempung (jika tanahnya pasiran).

    Lebih lanjut bisa menanyakan ke ahli agronomi Pak

  25. Mas mo tanya pupuk untuk tanaman adenium agar bunga banyak apa namanya ya

  26. askum…
    mau konsul kang….
    aku di Merauke-Papua…
    aku punya lahan 0,5 Ha yang posisinya berdeketan dengan sumur Bor, nah lahan saya ini selalu di genangi air dari sumur bor yg mengandung belerang tsb, lahan saya ini dahulunya subur kalo di tanami padi, tpi sudah beberapa tahun ini sudah tidak subur lgi malah banyak yg mati,,, saya sudah upayakan untuk menutup aliran air belerang ini ke lahan tpi sulit bgt Kang…

    moho solusi gimana supaya tanah lahan saya bisa subur kembali klo di tanami padi… mohon solusi alternatif ya kang, soalnya untuk bahan2 kimia disini susah di dapat….

  27. askum…
    mau konsul kang….
    aku di Merauke-Papua…
    aku punya lahan 0,5 Ha yang posisinya berdeketan dengan sumur Bor, nah lahan saya ini selalu di genangi air dari sumur bor yg mengandung belerang tsb, lahan saya ini dahulunya subur kalo di tanami padi, tpi sudah beberapa tahun ini sudah tidak subur lgi malah banyak yg mati,,, saya sudah upayakan untuk menutup aliran air belerang ini ke lahan tpi sulit bgt Kang…

    mohon solusi gimana supaya tanah lahan saya bisa subur kembali klo di tanami padi… mohon solusi alternatif ya kang, soalnya untuk bahan2 kimia disini susah di dapat….

    matur suwun kang…..

    wasalam…

  28. Syamsiah : biasanya jenis pupuk yang mengandung unsur P

    Puji : Masalahnya ada 2, yaitu : 1. genangan dan 2. kandungan belerang.
    genangan akan menyebabkan tanaman tidak bisa bernafas karena area perakaran dipenuhi air. KECUALi, tanaman yang toleran terhadap air seperti padi. kemudian kandungan belerang yang tinggi dapat mematikan tanaman. Memang tanaman membutuhkan unsur S (sulphur) dalam kadar tertentu, tetapi kadar yang over dosis akan bersifat meracun bagi tanaman. Apalagi jika aliran air itu akan selalu mengalir ke lahan tersebut.

  29. Assalam pak, saya mempunyai lahan sawit di daerah bengkulu, lahan saya di daerah gambut berair dan di sini saya mengalami keluhan dikernakan sawit yang saya tanam banyak pelepahnya yang mati sedangkan umur tanamnya 6tahun, gejala apa itu pak dan pupuk yang cocok untuk lahan sawit saya ini apa pak. Trimakasih atas balasannya anti

  30. Geolan :
    saya menduga masalah utama bukan pupuk, tetapi drainase. genangan air yang berlebihan membuat daerah perakaran menjadi minim oksigen dan mengganggu pernafasan akar tanaman. Jadi solusinya coba didrainase, sehingga ada beberapa puluh cm tanah yang di atas permukaan air.

    tetapi jika hanya beberapa yang bermasalah, padahal tanaman lain yang tergenang tidak masalah, maka ada dugaan penyebab yang lain, yaitu bisa dari serangan hama dan penyakit.

  31. Siang Mas Kun, saya lagi menjalankan perusahaan tambang galian c batu andesit di Palu. Di sekitar lokasi saya banyak tumpukan stock abu batu yang menunggu dijual. Supaya akselarasi penjualan cepat saya ada rencana menawarkan ke perusahaan tambang batu bara di kalimantan timur untuk reklamasi lahan tambang mereka. Apakah secara ilmiah bisa dipakai abu batu untuk reklamasi dan penanaman pohon. Dan supaya perusahaan-perusahaan tersebut bisa percaya bagaimana merumuskan secara ilmiah. Mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya

  32. mas setiawan :
    sebaiknya abu batu itu disampling dan diuji lab. tunggu 1-2 bulan analisis jadi, nanti akan ada informasi apa kandungannya. dugaanku, jika abu batu itu sifatnya basa (pH tinggi) maka akan banyak manfaat jika diberikan ke lahan gambut atau lahan bekas tambang yang pH nya rendah

  33. Siang Mas Kun, Bagaimana tingkat keberhasilan tanaman yg ditanam dengan lahan reklamasi dari abu batu, bilamana memang abu batu tersebut ph tinggi. Tks informasi dan panduannya

  34. Permisipak, saya mau tanya kalau tentang aspek budaya maritim itu saya bisa mengangkat kajian apa ya pak? kira-kira di DiY, berhubung saya masih SMA jadi pengetahuan say belum lengkap.
    terima kasih

    • ada hal menarik tentang kebiasaan masyarakat pesisir di DIY. Dongeng tentang Nyi Roro Kidul penguasa laut selatan dan besarnya ombak, membuat masyarakat pesisir DIY sangat jarang yang melaut. Walau tinggal di tepi pantai, mereka tetap asyik menjadi petani. Andai memanfaatkan laut, biasanya hanya sebatas memancing di pantai, memanen rumput laut dan mengelola wisata pantai. Kebanyakan nelayan yang berlabuh di DIY berasal dari Cilacap dan Pacitan

  35. Saya mau bertani , tapi tanah yang mau di tanami terlalu basah karena tanah kurang menyerap air , agar tanah menjadi normal caranya bagaimana ya ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s