Layanan Curhat – lanjutan

Lembaran ini untuk menampung curhatan berikutnya, karena lembar “layanan curhat” sudah sangat panjang. Bagi curhatan yang baru, silahkan menulis di lembar ini dengan biodata yang disamarkan untuk menjaga obyektifitas jawaban. Saya lebih leluasa menjawab apabila tidak kenal sama sekali atau tidak tahu siapa yang curhat.

Semoga anda puas dengan layanan curhat online ini…..

66 responses to “Layanan Curhat – lanjutan

  1. Sebut saja nama saya A,saya sdh pacaran ckp lama (9thn) dng B,tapi selama pacaran saya lbh sering pacaran jarak jauh krn B sekolah dan kuliah di luar negri.Selama pacaran jrk jauh,saya pnah berpacaran dng pria lain (C) namun hanya 1thn,stlh saya sls kul,saya diminta bantuannya bekerja di kantor milik kluarga B,,awalnya enjoy,tp seiring wkt bjalan makin lama saya ngerasa tertekan,disini saya bertemu dng D(spupu B yg jg bkerja di kantor milik kluarga B,seorang pria,muslim,saya kristiani),keluh kesah bnyk saya critakan kpd D,saya merasa nyaman dng D….fyi,saya hampir stiap hari brantem dng B krn B orgnya emosian,suka marah untuk hal kcil,kekanak2an,dulu klo qta brantem mskipun saya tdk salah,saya yg meminta maaf,tp blakangan saya sdh tdk pduli dy mau marah spt apa…disaat hati mulai ga bs sama B,org tua B yg dl tdk pduli dng saya,,skrg mulai berbicara hal yg lbh serius ttg saya dan B,,tp saya rasa saya ga bs idup bahagia dng B,dng sifat yg tdk brubah dr dl sampai skrg.skrg malah lbh parah,krn b merasa saya bkja di kantor nya,dy sering seenak hati dng saya..saya ingin memutuskan hub dng B,tolong bagaimana cara yg baik untuk membicarakan kpd B dan keluarganya serta kluarga saya.

  2. Neng yg baik,
    perjodohan itu dilakukan adanya kesepakatan dan kecocokan kedua belah pihak. Sebaiknya sifat/karakter pasangan harus saling mengisi dan melengkapi. pertanyaannya, apakah sifat neng dengan B ini demikian? kalau keduanysa sama-sama kekanak-kanakan, ya potensi ‘perang’ akan lebih tinggi. Tapi kalo si B kekanak-kanakan dan Neng bersifat keibuan, itu cocok. Coba renungkan apakah kalian ada kecocokan lebih banyak daripada perselisihannya.

    Hubungan jarak jauh potensi menimbulkan ‘jablai’ (kesepian) dan niatan untuk berpaling (selingkuh). Tahap awal adalah keinginan curhat pada pihak ketiga, lalu muncul kenyamanan dan akhirnya menganggap yang jauh di sana menjadi tidak penting (baca: nyebelin). Maka hubungan jarak jauh ini memerlukan komitmen yang amat sangat kuat, atas dasar kepercayaan dan diimbangi dengan komunikasi 2 arah yang harmonis. Kalau kalian emosional, maka kepercayaan makin turun dan pelampiasan makin naik.

    Curhatan dengan teman sekantor itu lebih bersifat sebagai pelampiasan. Bersifat sementara. Walaupun bisa berujung pada rasa saling cinta. Maka sekarang berpulang pada niat hati. Pertama, apakah ingin lanjut atau pisah. Kalau lanjut, cobalah membina hubungan saling mengerti dan mengasihi. Kalo pisah, lakukan secara baik-baik, terutama mempertimbangkan tempat kerja. Mungkinkah tetap kerja di sana kalau kalian pisah?

    Sambil merenungkan, silahkan baca artikel di web blog ini yaa. Ada 200an yang semoga bermanfaat untuk kehidupanmu.

  3. saya berpacaran dg teman 1 lokan dg sya,, dia selalu memaksa saya untuk menuruti kemauan nya,,, pdahal kalau tentang tugas sekolah apa pun yang dia suruh buat pazti saya bikin,, dia msih juga blang saya tidak mmperhatikan dya,,, sya rasa itu sdah ckup untuk mmbuktikan syang saya kpada nya,,,, hal yg kcil selalu di besar kn,,, apalagi msalah nya besar,, dya selalu menyalh kan saya,, ngak mungkin saya mlakukan ksalahan tnpa dia mnyakiti saya duluan,, batin saya selalu tersiksa olehnya,,, mnrut anda saya harus bagaimana,,????
    trim’s…

  4. menurutku, dia termasuk tipe yang senang dimanjakan dan didahulukan kepentingannya, tetapi kepedulian dia pada orang lain sangat kurang.
    menghadapi karakter seperti ini dengan cara sabar, melayani dan mencari waktu yang tepat untuk menasehatinya.
    kulihat anda lebih dewasa dari dia, sehingga hubungan pertemanan akan lebih baik daripada hubungan yang lebih dekat

  5. Ki…saya punya kakak perempuan selisih 4 tahun di atas saya. Dia orangnya tertutup, jarang sekali bahkan tidak pernah bercerita apapun tentang pekerjaannya, tentang keluh kesahnya dll. Setelah pulang kerja pun hanya menonton televisi atau tidur-tiduran saja di kamarnya. Ibu saya pun sampai bingung menghadapinya apalagi sekarang umurnya sudah mendekati 27 tahun di Januari 2012. Ibu saya khawatir karena sampai sekarang kakak belum juga memiliki pacar untuk dibawa ke jenjang pernikahan. Setiap kali ditanya oleh saya, ibu, ataupun bapak, kakak hanya diam dan menjawab sekenanya.
    Kadang ketika saya mengajak bicara kakak tentang hal-hal masa depan dia tidak menghiraukannya seakan tidak peduli, saya merasa sifatnya masih kekanak-kanakan dan tidak bisa diajak bicara serius. Setiap pertanyaan yang saya lontarkan dia jawab dengan jawaban tidak nyambung saya rasa itu tidak sewajarnya dijawab oleh wanita berumur 27 tahun.
    Lama-lama saya acuh tak acuh terhadap kakak, tapi melihat ibu yang sering terlihat sedih karena memikirkan kakak membuat saya menjadi ingin mencari solusi atas permasalhan ini.
    Tolong bantu saya Ki, saya tidak tahu harus berbuat apa?
    Terima kasih

  6. mbak nurul,
    maaf baru saya jawab sekarang karena pertanyaan mbak pending dan baru saya approve hari ini.
    berikut ini jawabanku,
    usia perempuan 27 tahun itu termasuk sudah sangat lebih dari cukup untuk mengenal pacar/suami. mengapa kakakmu tidak? tentu ada penyebabnya.
    pertama, mungkin dia ada kisah yang menyakitkan hati terhadap lelaki. rasa kecewa, sedih dan dendam menjadi satu sehingga dia tidak mau didekati lelaki. untuk itu hal ini perlu ditanyakan ke dia dari hati ke hati.
    kedua, mungkin dia mengalami kelainan kecenderungan sex, misalnya lebih menyukai pada sejenis. biasanya yang tipe ini sering berpenampilan ala cowok (cenderung tomboy) dan tidak suka melihat gadis lemah.
    ketiga, mungkin dia sudah punya cowok, tapi takut ngaku karena ada kemungkinan tidak direstui, misalnya karena beda agama, dll.

    jadi kesemuanya ini perlu diselidiki dengan baik, bisa langsung atau ditanyakan secara hati2 kepada teman dekat atau rekan kerjanya.
    saya tidak bisa memberi jawaban lebih karena semua tergantung reportasemu. semoga jawaban ini membantu

  7. sebut ja nama sy sindi, tp gue cwok lho, bhkan gue alumni slh st psantren dan skrg sy dah nikah, tp.,ada sesuatu yg sgt membuat sy bingung tntg dr sy,sy suka ma cewek dan juga ma cwok, sy pengen brobah spenuhny biar bs normal,tlg bri sy solusi.

    • kesukaan itu lebih disebabkan karena faktor psikis. Sehingga solusi terbaik adalah bagaimana upaya diri anda mengendalikan psikis anda itu. Kesukaan itu bisa dalam bentuk batin, lisan dan perbuatan. selama kesukaan itu baru di dalam batin (baru terpikirkan), itu masih bisa diredam dan dikendalikan. tapi kalo sudah lepas dalam ucapan lisan atau tindakan perbuatan, itu yang beresiko lebih besar.
      jadi, semua tergantung anda sendiri mau kemana dan seperti apa

  8. seperti ini lebih afdol konsultasi kepada dokter seksologi.
    namun sedikit tips adalah belajar memahami “cinta sejati untuk rahmat seluruh alam”

  9. nurul huda muhammad

    mengapa agroekologi di ajarkan bagi mahasiswa jurusan pertanian

    • pertanian adalah bidang ilmu yang memanfaatkan lingkungan (ecology), sehingga perlu memperdalam wawasan bagaimana kondisi lingkungan yang terkait bidang pertanian (agro)

  10. nezha Pricillia

    Ki.. Saya mau curhat nih,,, mohon beri saya solusi..
    Setahun yg lalu saya tamat SMA dan sudah bekerja di suatu perusahaan hiburan malam.. Yg saya bingung kan saya berniat skolah lagi (kuliah).. Tp saya rencana ingin skolah kebidanan tp saya ga mungkin tgl di asrama krna saya berniat skolah sambil kerja…sementara syarat nya harus tgl di asrama.. Saya berfikir bahwa skolah bidan masa dpannya jelas.. Sdgkan jika saya kuliah biasa saya takut susah cari kerja mengingat saingan yg tinggi…
    Jd saya Harus bagaimana ya ki..? Saya bingung krna menurut saya ini sgt ptg krna ttg masa dpan.. Sdgkan sewaktu saya curhat dgn kakak saya, dia berpendpat klo saya sebaiknya kuliah biasa saja sambil mengumpulkan uang utk masuk peg negeri…

    • kuliah itu untuk meningkatkan kualitas diri, dan otomatis akan lebih membuka peluang kerja. tapi kuliah di jurusan apapun bukan jaminan akan langsung bisa kerja, apalagi kalo kita tidak minat.
      jika kemampuan ekonomi terbatas, bisa aja kuliah sambil bekerja, tapi tidak harus di jurusan kebidanan. bisa di jurusan lain. toh lowongan kerja ada dimana-mana. sambil kuliah, jalin relasi dengan banyak orang, insyaallah jalan rizki akan terbuka

  11. saya sudah 4 tahun berpacaran .. 2 tahun tinggal bersama dan 2 tahun pacaran jarak jauh karena dia harus bekerja di luar kota.. Awal tahun 2013 ini aku mendapati dia telah memiliki pacar baru teman kantornya, memang mereka baru 2 hari pacaran, tapi itu membuat saya sangat kecewa.. saya sudah sepenuhnya percaya kepadanya bahkan kami ada rencana untuk menikah.. tapi kenyataan tersebut membuat saya hampir down,, saya sempat memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengannya tapi dia berusaha meyakinkan saya bahwa dia tidak akan pernah mengulangi perbuatannya lagi,, Hati kecil pun tidak ingin kehilangannya karena semua keluarga kami sudah sangat kenal baik,, dan semua perjuangan yang kita lewati rasanya tak mungkin untuk dilepas begitu saja.. Akhirnya saya memutuskan untuk mempertahankan hubungann ini berharap dia akan berubah,, Tapi setelah dicoba memang sulit untuk mempercayainya kembali.. setiap kali ada hal yang kurasa berbeda dari dirinya kekhawatirkan akan dikhinati pun muncul lagi..bagaimana cara menyikapi hal ini,.?

    • masa lalu adalah sejarah, yg dijadikan pelajaran berharga menatap masa depan. seburuk apapun masa lalu, masa depan tetap berbeda.
      maka jalanilah hari esok dengan prasangka baik dan tidak perlu trauma dengan masa lalu. semua orang ada kekurangan dan kesalahan. tidak ada hubungan yang tanpa kekurangan. dengan tahu kekurangan itu, harusnya kita bisa lebih percaya diri karena tahu bagaimana menyikapinya

  12. saya sudah punya istri dan anak 2, kta tinggal berpisah lama karena harus kerja.dengan berjalan waktu saya menmukan wanita yg saya idamkan dulu krena dia mengisi hari hari ku dengan cinta kita.2 thn lbih kita pacaran lalu tiba tiba dia putusin saya karena status saya padahal dulu dia tidak peduli dengan status saya.malah saya berniat mau menikah ama dia.saya nda rela dia tinggalin dia saya sayang banget ama dia cinta banget.setelah saya di putusin ama dia saya merasa hari hari saya sudah tidak berwarna.hambar rasanya.aq pengen dia balikan sma saya.karena saya sudah terlanjur jauh dengan dia.seandainya saya balik dengan istri saya sudah tdk mungkin,krena istri say sudah tdk memaafkan saya.bagaimana menurut anda?

  13. Tahun lalu, aku deket sama seorang cowo, yang berakhir jadian. Awal-awal jadian aku belum terlalu sayang ataupun cinta sih sama dia. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata rasa cinta dan sayang itupun tumbuh. Sayangnya, sebulan kemudian aku pun diputusin, saat aku lagi sayang-sayangnya sama dia. Satu sampai dua bulan setelah itu pun aku galau, apalagi setelah tau dia balikan sama mantannya ga lama setelah putusin aku.
    Tapi yg lebih sedihnya, sampai saat ini, hampir 9 bulan kita putus, aku masih belum bisa ngelupain dia, belum bisa move on deh. Dia temen kuliah aku, jadi kita masih sering ketemu, dan itu jg mungkin salah satu sebab aku masih belum bisa move on. Dan kalaupun ketemu, kita udah ga kaya temen lagi. Terlebih karna aku yg masih belum bisa move on, rasanya kalo ketemu dia tuh ya gimanaaaa gitu, ga bisa kaya temen kaya sebelum kita jadian gitu.
    Aku pengen minta sarannya, gimana biar cepet ilang sayangnya aku sama dia, biar bisa temenan kaya dulu lagi. Terima kasih sebelumnya🙂

  14. pacar saya sudah berkepala tiga,dan sekarang sedang menyelesaikan tesis nya… sedangkan saya baru ingin masuk kuliah ki.. rencana saya mau ambil jurusan kebidanan. setelah d pikir2 ekonomi keluarga tidak mencukupi untuk biaya kuliah saya kalau saya ga kerja..saya sedang bekerja dan menabung untuk kuliah,intinya saya harus bisa masuk jurusan kebidanan itu demi pacar saya, pacar saya mngkin akan meninggalkan saya kalau saya tdk kuliah d kebidanan itu,tapi dia sendiri ga mau bantu biaya nya..krna untuk biaya kuliah dia pun dia kesulitan..saya bingung deh… laki2 macam apa seperti itu.. tapi saya sulit untuk meninggalkan nya…

    • kesetiaan itu diuji manakala kita sedang kekurangan.
      maka buktikan dengan selalu bekerjasama dalam kondisi apapun. dari sana anda bisa menilai apakah dia layak atau tidak untuk menjadi pasangan

  15. romeo dan juliet sling mncintai, awl nya hbungan ini baik2 sja, tpi stelah bbrpa bulan mntan pcar si romeo mnuntut prtanggung jwban romeo, mski tdk hmil, krna mntan tdk rela romeo bhgaia dg juliet. romeo tdk mau mlepas juliet cwe yg sangat dicintainya, akhirnya si mntan mngadu dg kluarga romeo, dan mengatakn romeo boleh mnikah dg cwe mna pun kcuali juliet, si teteh kndug si romeo istri dri kakak spupu si mntan, tkut si mntan mngadu pd suaminya (kakak spupu si mntan), tiba2 saudara jauh juliet, (hmpir bkn diktakan keluarga krna hbugan yg sangat jauh tdk sedarah) nmanya ntin, pman ntin kluarga ntin punya msa lalu yg bruk dg kluarga romeo, paman si ntin prnah mnyakiti hti teteh dan kluarga bsar romeo, saat itu romeo msh sgat kcil, shingga dia tdk tau apa2, akhirnya kluarga romeo memanfaatkan keadaan ini untuk memisahkan romeo dan juliet, krna dendam dan skit hti kluarga romeo, kpd kluarga ntin(kluarga jauh juliet) mreka sgat menentang dan teteh nya romeo memecat romeo dri kntornya, dan ibu romeo mengancam jika romeo ttap mncintai juliet, jgn prnah oanggil dia ibu, romeo sangat prustasi,dan teteh nya mmohon kpd juliet untuk mninggalkan romeo, dg alsan mnyelamatkan rumah tangga y. juliet mnyanggupinya dan brkata “q mlakukan ini demi teteh, bkn si mntan),akrnya juliet prgi, tetehnya pun sgt snang dan brterima ksh, tp romeo trus mncari mmhon,mnagis, tdk mau ptus, trnyata juliet bnar2 tdk sanggup mlepaskan romeo dan memutuskan tetap brthan dan brusha, 3 miggu brlalu, tetehnya mnlpon juliet memaki mncaci, juliet pun trsinggung knpa dia hrus mnanggung dosa pamanya ntin org yg sama seekali blum prnah dia lihat, knpa prmsalahnnya bkn lgi tntang si mntan tp mlah tntang kluarga, teteh mngatakan” dosa ntin itu brati dosa juliet juga”, dan juliet brkata “apa bedanya kalian sma kluarga ntin(kluargaku) apa klian pkir memisahkan org yg sling mncintai yg tdk tau apa2,di pisahkan krna ego dan dndam apa itu bkn dosa. . ??” tp teteh mrsa juliet sangat kurag ajar,krna brkata sperti itu, dan dia mengadu pd romeo bhwa juliet wnita tdk punya sopan santun, dan sangat kurang ajar, tpi romeo tdk prcya krna dia tau juliet tdk seperti itu, juliet brkata bnar pkirnya,romeo ttp brsikuh untuk trus brthan, dan tetehnya trus mngancam juliet, jka juliet tdk mlepas kn romeo dia akn tetap trus mnghancurkan hbungan romeo dan juliet, dan mngatakan kluarga ini ttap tdk akn prnah mnerima, juliet trus di buatnya mnangis tdk tau hrus apa, sdangkan dia sudah brjanji pd romeo ttp brthan, tp mlihat tetenya romeo trus akn brusha mnghancurkannya, juliet tkut romeo trpengaruh. . , bgaimana ini juliet dan romeo hrus apa. . . ??? tlong pak. .

    • cinta sejati itu memang butuh perjuangan lahir dan batin. Cinta malah akan makin kuat dan setia apabila menghadapi goncangan yang besar. Maka bertahanlah atas nama cinta itu, tapi dengan tetap menjaga silaturahmi yang baik.
      Ada kalanya kita harus banyak diam dan berdoa, di saat ucapan dan pembelaan kita selalu dianggap salah.
      pastikan langkah selalu dalam kebaikan dan amal kebajikan. Semoga jalan dimudahkan

  16. Saya gak tau mau mulai darimana kisah saya ini, yang pasti selama 4 tahun saya sudah dibohongi oleh orang yang paling saya sayangi dan banggakan. Sudah segalanya saya berikan untuk orang ini bahkan saya pernah melawan orang tua saya cuma agar saya direstui. Awalnya dia mengaku masih bujangan, berumur 25 tahun. saya akui dia memang pintar, berpendidikan, berpengetahuan luas. sudah banyak dia mengajari dan membantu saya dalam segala hal. Tak lama pun kita langsung menjalin hubungan pacaran, bahkan terlampau batas. Sampai akhirnya saya hamil dan bingung bagaimana caranya saya mengatakan ini kepada kedua orang tua saya. Tapi saya tidak mau membuat orang tua malu dan ikut susah karena saya. Akhirnya saya tidak memberi tahu mereka, sampai akhirnya saya tidak pernah pulang ,berbagai alasan saya katakan kenapa tidak pulang. Lebaran itu saya berniat tinggal di rumah lelaki ini, awalnya senang akhirnya dia mau mengajak saya ke rumahnya dan bertemu orang tuanya walau dalam keadaan hamil. Namun ternyata saya kaget, sampai di rumahnya ada 3 anak yang menyambut . Disitulah dia mengakui kalau dia sudah menikah dan mempunyai 3 anak dan masih status menikah namun tidak harmonis dengan istrinya. Sampai pada akhirnya anak saya lahir, belum juga saya memberi tahu orang tua saya. Sekarang saya sduah tidak tahan dengan semuanya, saya sangat membutuhkan keluarga saya. Tapi saya bingung bagaimana cara saya jujur kalau saya sudah mempunyai anak dari lelaki yang beristri. Saya harus gimana ? saya ingin jujur tapi darimana memulainya

    • semakin lama rahasia itu dipendam, akan semakin menjadi besar bebannya. sebaiknya katakan yg sebenarnya terjadi ke orangtua karena dibalik kaget dan marahnya, mereka akan masih menyayangi darah daging sendiri.

  17. sudah 3 kali saya bermimpi cowo saya ninggalin saya dan memilih cewe lain , apa arti nya

  18. ki saya mau tanya ?
    cara agar sahabat saya itu sadar kalo dia telah meyakitin perasaan saya ?
    tolong sarannya ya ki

  19. pak saya mau curhat..
    saya juga tidak direstui dengan ibu orang tua pacar saya , karena ada yang menjelek-jelekkan saya kepada ibu pacar saya ..
    saya pacaran hampir 1 thun..
    dan saya juga sudah mendatangi ibunya dan meminta maaf kepada beliau tapi beliau malah membentak saya dan mengusir saya
    sampai sekarang sya dan pacar saya menjalin hubungan diam-diam pak
    saya harus bagaimana ?
    saya sudah mengerjakan semua yang menurut agama saya pak
    dari sholat wajib sampai sunnah, semuanya sudh saya lakukan sampai sekarang , namun Yang Maha Esa belum menjawab semua keluh kesah saya..
    saya minta saran bapak tentang masalah yang sedang saya hadapi saat ini ..

    • berbuat baik dan bersabar itu tiada batasnya
      tetap lakukan dengan niat hanya untuk Allah SWT
      termasuk dalam berbuat baik kepada calon mertua
      dan bersabar pada harapan doa-doamu

  20. pak ini saya mw tanya … saya kan punya pacar , dia punya msalah sma keluarga mungkin ga seharusnya saya ceritakan .. dan sekarang juga dia ga punya kerja tetap .. yang ingin sya tanyakan . Bagaimna cara untuk menasehatinya agar mw pulang kerumah dan ga anggap kalau kelurga itu sebagai org lain,? dia bisa cepat dapat pekerjaan, dan mw dengari nasehat sya, dan bagaimana cara agar semua masalahnya bisa diselesaikan ?
    saya sebagai pacarnya tentu kasian dan mw dia bisa jadi org yg lebih baik lagi. Terima kasih🙂

    • tolong disampaikan :
      – ridho orangtua akan memicu ridho Allah
      – jangan mudah emosional dalam menyikapi semua masalah
      – jika dia mudah lari dari keluarga. apa nanti setelah dia menikah, dia saat emosi juga akan mudah lari dari istri+anak nya???

  21. saya punya pacar namanya angel, sy pcran sudak 5 tahun dan penuh kisah2 yg susah untuk di lupakan, selama 5 tahun ini kt pcran putus nyambung tp tetap bersatu terus krn besarnya rasa cinta kita… org tuannya melarangnya pcran tetap trus kita pcran, suatu hari dia mau di jodohkan oleh org tuanya tp dia tidak mau… tetap bertahan sama saya, setelah lama berjalan, omnya sudah menjadi wali kota dan dia di jodohkan kmbali,dia langsung mau tanpa pikirkan perasaan saya, dan dia mulai bekerja di kantor wali kota, dia mulai berubah dan komunikasi sudah jarang,, dan sy putuskan untuk berpisah sama dia,, tetapi sy selalu mengingat dia, rasa rasa ingin bersama… kira kira solusi buat sy apa..?

    • Jika dia memang sudah dijodohkan dengan orang lain, lebih baik anda fokus pada diri sendiri. Mana yang terbaik untuk masa depan, itulah yang dipilih.
      Jika anda masih sering ingat dia, doakan yang terbaik untuknya, karena itulah bukti Cinta Sejati kepadanya

  22. isa gak sih orang tua ga ngatain gw gw sebel bgt soalnya gw lat org lain tuh ortunya enak bgt kenapa gw g
    semoga ortu and bonyok gw sakit sakittan
    amin

  23. ass.kenalkan nama sy nurul.sy seorang GURu PNS tugas di NTT,sy mau curhat soal pilihan,,sy mengenal laki2 dan kami pacaran sekitar 5 bulan krn sy ga mau berlama2 pacaran (dlm artian krn sy rasa sy sdh punya pekerjaan tetap dan begtupun sebaliknya dia seorang kapten kapal tengker di areal jawa),masalahnya setelah kami sepakat utk menikah dan membicarakan mahar dan lain sbagainya,sundah mantab ,akhirnya tinggal satu yg belum di laksanakan sama calon sy yaitu MENANYAKAN MAMA NYA apakah dia setuju atau tidak.(yg jd pertanyaan kenapa baru selesai pembicaraan dr pihak kami bru terakhir tanya mamanya krn calon sy bilg,mama itu yg penting sy mau pasti setuju).Lalu pada akhirnya pas ditanyakan ke mamanya tiba2 mama nya menjawab dgn menangis aja dan bilang TERLALU JAUH tempat dinasnya itu perempuan.calon sy sudah jelaskan bahwa nanti juga tetap di urus kepindahannya yaitu pindah dinas tp butuh proses dan nikah dulu baru bisa pindah,mamanya tetap tdk mengerti dan slalu bilang jauh…sedangkan kami sudah putuskan utk meniikah bulan depan ini yaitu bulan APRIL 2014..smua keluarga sy sudah tau tentang ini.tp mereka belum tau kalau pihak laki2 blum di setujui oleh mamanya.
    YANG INGIN SY TANYAKAN.LANGKAH /KEPUTUSAN APA YANG HARUS SY AMBIL utk masalah ini.sedangkan sy ga sanggup kalau harus batal.?????TRIMAKASIH MOHON BALASANNYA.

    • Nama saya riska, saya punya temen curhat tapi cowok, sebut saja riki, kita berdua saling curhat dan sangat dekat. Dia punya cewek yang di sukai, saya juga punya cowok yang saya sukain. Tapi akhirnya riki malah jadi suka sama saya, saya gamau sama dia, dia maksa dan keras kepala, malah mau nyerang cowok yang saya suka itu, sebut saja Erik. Erik bilang sama teman saya yang menyampaikan kepada saya bahwa erik bilang kalau dia gamau ngerusak pertemanan sama riki, jadi dia gamungkin jadian sama saya. Saya jadi bingung kenapa riki malah ngelarang saya untuk bersama erik, padahal dari awal juga saya cuman suka sama erik. Jadi saya mau tanya apa yang harus saya lakukaann? Mohon balasannya

  24. Pak Saya mau konsultasi, saya udh pacaran 4 th sama cow padahal pd th 2013 kami sudah niat untuk rncana nikah tahun ini tetapi sikapnya berubah awal tahun 2014 dia g lg dtg kerumah sampai skrg dg alsan sibuk, dan beberapa kali saya tanya masalah dia hanya dia saja dan sempat bertengkar dan saya yg mengalah untuk minta maaf. Saya kira sikapnya bisa berubah dan sampai saat ini dia memang sibuk kerja dan diakhir pekan sabtu sampai minngu untuk mancing sperti ingin menghindar dari saya. umur saya sdh 28 th dan dia 31 th kami sbnrnya sdh memikirkan hub kedepannya sprt apa. tapi saat ini saya beberapa kali tanyakan bagaimana hub kedepannya dia hanya diam dan sikapnya cenderung cuek. Saya bingung apa menyebabkan dia sprti itu ya pak…seakan2 saya mengemis cinta dg dia..saya sdh berusaha sabar dan memperbaiki hubungan tp dia tdk mau berubah….tolong advisenya pak saya mesti gmn

  25. om saya mau tanya,bagaimana menurut pendapat om jika pasangan aku sudah menyatakan keseriusanya terhadap aku tapi disisi lain posisi aku masih menggantung….tapi si cowok ini masih akan proses dalam perceraian dengan istrinya… (di balik ini semua ada cerita yang sangat panjang sehingga smpk dengan ujung yg saat ini,,,dan ini terjadi selama 5 tahun)

  26. saya bekarja disebuah instansi, dan sudah menikah.ada seorang wanita teman sekerja saya yang baru masuk ke instansi tersebut. Saya menyukainya, (ketika itu dia masih gadis (lajang), rasa suka itu sebenarnya biasa-biasa saja hanya suka sebagai teman, namun seiring waktu (mungkin karena sudah mengenalnya lebih lama) ada perasaan “aneh” dalam diri saya, bahkan hingga ia menikah dan sekarang sudah punya anak… lama kelamaan perasaan itu semakin besar, Dahulu mungkin dia tidak menyadari perasaan suka saya terhadapnya sehingga tidak ada respon apapun kecuali menganggap saya sebagai teman. Namun baru-baru ini mungkin ia baru tersadar kalau saya menyukainya. Dan saya merasa saya menangkap respon darinya dari sikapnya yang agak berbeda dari pada biasanya, “Salah satu” respon itu yang paling saya yakini yaitu dari tatapan matanya yang memandang saya yang “terasa menyentuh bagian dalam hati saya” ketika itu…. namun ketika itu saya mengelak tatapan matanya yang tajam tersebut, dengan alasan saya takut kalau dia dapat membaca isi hati saya. (kan malu rasanya). Lalu saya pikir-pikir lagi kenapa saat itu saya mengelak tatapan matanya… dan sepertinya hampir dia salah sangka terhadap saya (membuat dia tidak enak hati). Tapi saya yakin feeling saya gak salah kalau dia meresponnya…. dan saya berniat ingin menyatakan perasaan saya ini kepadanya suatu hari nanti…
    Saya sejak kejadiaan itu pikiran saya mulai mengganggu saya, dan saya berniat ingin menjalin hubungan cinta ini apabila dia menerimanya. Walaupun hubungan ini terlarang, tetapi rasanya saya ingin melanjutkannya walaupun hanya sebatas teman (karena kami sama-sama telah berkeluarga). yah boleh dikatakan teman tapi mesra…menurut saya kan tak mengapa asal dijaga jangan sampai hubungan keluarga kita masing-masing rusak karenanya. bukankah punya perasaan cinta itu indah dan membahagiakan, atau berteman yang dilandasi oleh perasaan cinta itu indah???, (namun harus dijaga betul jangan sampai ketahuan siapapun) yah, tergantung cara dan sikap kita berdua yg tidak boleh nampak atau terbaca oleh siapapun…
    Demikian sekilas cerita saya, mohon komentarnya… terima kasih

    • hati itu bebas mencintai siapa saja, tapi status kita yang membatasi tangan dan kaki kita berbuat apa. sebaiknya hindari agar hati anda lebih aman dan tidak menimbulkan dampak negatif.

  27. Assalammualaikum
    Saya mau tanya ne pak..
    Balasan curhatan ini tar nyampe nya ќε̲̣̣̣̥ yahoo ato ќε̲̣̣̣̥ fecebook y (maksud sya, klo ќε̲̣̣̣̥ facebook nya di tampilkan di pesan masuk, ato di dinding facebook nya nih pak, soalnya saya mau curhat yg detail gitu)
    Gak enak nih pak klo sampe ketahuan,, ♏ªαf y pak sya nanya dulu nih

  28. Elsa khairun nissa

    Saya bingung dengan keadaan saya,saya sudah 3thn pacaran sama yang namanya R,saya ngerasa bahagia kalau lagi sama dia,,saya syng bgt sama dia tetapi orangtua saya melarang karena saya akan di jodohkan dengan keluarga dari papah saya..saya bingung awalnya saya mengenal dia hanya sekedar dekat saja tetapi ternyata diantara keluarga saya dengan keluarganya bersepakat untuk menjodohkan saya dengan cowo dari keluarga papah saya ..saya beneran bingung tiap hari orangtua saya memarahi saya dan melarang saya berhubungan dengan R itu,orangtua saya menjodohkan saya karena agama dia dan karena dia mapan,orangtua saya takut bila saya dengan pacar saya masa depannya seperti kakak saya yg sekarang lagi susah..tapi biar bagaimanapun saya ga suka dengan apa yg orangtua saya lakukan untuk saya,kan yg ngerasain dan yg ngejalanin saya saya bingung apa jadinya bila saya menikah dengan orang yg bukan saya sayang..apalagi sekarang saya dipaksa2 tunangan dengan orang yg mau di jodohan dengan saya,, bagaimana dengan pacar saya?
    Saya gak mau hal itu terjadi..

    • sudah wajar orangtua ingin anaknya dapat jodoh orang yang mapan dan agamanya baik. Namun anak punya hak untuk urusan cinta.
      solusinya, coba dorong pacar agar lebih mapan dan agamanya bagus. Pertimbangan orangtua ini ada benarnya juga, karena penopang utama keluarga adalah kemapanan dan keluarga. Rasa cinta itu akan sangat mudah tergerus oleh kebosanan dan kesetiaan

  29. Salam. Saya ingin meminta pendapat sekaligus solusi yg harus saya lakukan. Bulan April lalu, Saya menjailin sebuah hubungan (pacaran) dengan status Hubungan Jarak Jauh dan belum pernah bertemu. Hingga pertengahan Mei, kami harus berpisah hanya karena masalah sepele (kecil). Kami sebaya (19hn) dan mungkin sama-sama kurang dewasa. Dan masalah sepele trsebut hanya saya marah2 ke dia. Saya emosi mgkin lelah, tapi dia kurang pengertian. Dia menuduh saya marah2 dari hari kemarin2 tanpa menanyakan apa yg terjadi pada saya. Sehingga emosi saya meluap, karna dia pun tidak ada inisiatif menghibur saya malah memuncakkan emosi saya. Akhirnya kami saling diam sehari. Besoknya dia memutuskan hubungan ini dg alasan dia malas dengan keruwetan yg ada pada diri saya. Marah terus. Ya apa boleh buat. Saya sbg cewek sudah brusaha meminta kesempatan utk merubah sifat saya itu. Ya dia memberi kesempatan tetapi dg berteman saja. Alhasil saya kurang mampu utk menunjukkan perubahan saya krna terbatas sbg teman. Selang beberapa hari putus, kami tetap brcanda. Hingga suatu hari saya sengaja menghubungi mantan kekasihnya dia (4tahun pacaran). Disisi saya niat silaturahmi dan saya juga meminta solusi kepada mantan pacarnya trsebut. Mantan saya ini sudah tdk komunikasi 1 tahun karena mungkin sama2 bosan dan mantan saya sepertinya benci dengan mantan ini. Entah dengar dr siapa, mantan saya faham bahwa saya dekat dengan mantan dia disisi lain saya juga tengkar kecil2an dengan mantan saya mski status brteman karna saya mencoba menanyakan perasaan dia pd saya tapi respon dia kurang enak. Setelah kejadian itu, yg mulanya kami msh bisa brcanda stelah putus, tiba2 sikap dia dingin pada saya. Saya bingung. Apa krna dia tdk suka saya berhubungan dg mantannya atau apa. Pasca putus, dia tdk prnah memulai komunikasi dahulu, selalu saya yg memulai komunikasi karna saya msh sayang sm dia. Hingga skrg, kami kehilangan komunikasi slama 17 hari, dia menghindar dari saya sedangkan saya msh berniat ingin bertemu dg dia karna saya pindah kota yg dekat dengan kota dia tinggal. Bagaimana mnurut pndapat bapak tentang kehindarannya dia pada saya? Apa penyebabnya? Lalu, semua orang tau Tuhan Maha Kuasa dan Pemilik Hati Makhluk2Nya, apakah bisa mengembalikan rasa sayang pada dirinya sperti dlu? Saya butuh solusi. Mohon balas ditunggu balasannya. Makasih

    • jawaban saya adalah :
      1. hubungan cinta jarak jauh itu butuh kepercayaan dan komunikasi yang baik
      2. usia 19 tahun itu masih sangat idealis dan emosional
      3. usia yang sama akan cenderung perempuan lebih dewasa daripada lelakinya

      maka sebaiknya mencari pasangan dengan usia 3-4 tahun di atasmu, atau dengan kata lain mencari pasangan yang pola pikir kedewasaannya lebih tinggi.

  30. Ass pak…langsung saja saya nenikah sdh 24 thn di thn ke 20 suami saya terkena masalah hutang kartu kridit yg nilainya lumayan besar bagi ukuran kami, belum lagi hutang ke saudara sampai hutang isi warung usaha suami saya berdagang yg akhirnya saya yg meneruskannya…dari isi toko yg hampir habis sampai dengan penuh kembali..dan saya bisa melunasi hutang yg lain terkecuali kartu kridit. Dalam waktu 4 thn saya berkeinginan suami saya memulai kembali berdagang memberu nafkah untuk keluarga tapi jawabannya bahwa toko yg saya jalankan itu sama dengan nafkah sampai kapan saya harus menjalaninya…tolong dong pak minta jalan keluarnya ..

    • masalah keluarga adalah masalah bersama, demikian juga rizki yang diterima oleh suami atau istri adalah harta bersama.
      jadi siapa yang mencari kerja, siapa yang menjaga rumah, siapa yang mendidik anak dll, itu perlu dibicarakan. kadang ada kesepakatan abnormal, tapi asal keduanya akur dan sepakat, semua jadi indah dan berkah.

  31. Saya adalah gagar dalam dunia pcaran, stelah 3 tahun lamax kmi pcaran dan krna ada persoalan kmi ptus, dia sda tda mw ketemu dgn sya, bahkan klwganx ikut2n membenciq dan melarang untuk ketemu dia. Sering kli aku meminta balikan tpi sja dy tda perna ksi kesempatan, dy sda benar melupakanq. Sda 8 bln kmi ptus tpi blm bsa lupa dy dan terus berharap smga suatu saat dy mw menerimaku kembali. Sering kali aku mengintip status di akun fecebooknya, ketika dia mengirim status lgi ad msala dgn msla percintaan dgn pacarx yg bru atw mungkin lgi renggang sma pcar brunya, sya jdi merasa prihatin n berdoa smga dia bsa bhagia dgn pcar brunya dan bsa klwr dri segala mslax. Tpi d sisi lain ketika dy dlam keadaan bhagia dgn pcar brunya, sya jdi mersa terpukul n cemburu berat dgn kebhagiaanx itu dan berusaha menghancurkan kebahgiaanx.

    Pertanyaanx: persaan yg sperti apa nmanya dan bgaimna solusi yg baik? Krna sbnt lgi dy mw nikah sma pcarnya itu dan sya sangat sakit hti skali mendengar berita itu.

    • jangan larutkan sakit hati itu, karena itu akan merusak dirimu sendiri
      cobalah menerima kenyataan bahwa manusia itu boleh berusaha, tapi jodoh adalah kuasa-Nya
      yakinlah bahwa jalan ini yang terbaik buatmu dan buatnya, jika kamu memang ikhlas
      kejutan yang menyenangkan akan datang apabila anda tabah dan ikhlas menjalani fakta ini

  32. Hmm.. mulai dari mana ya, gini pak saya sudah putus dg pacar yg dulu dikarenakan LDR, dan skrg sya sdh pnya pacar lgi. Kemarin mantan sya telfon ketika sya sdg brsama pacar. Lalu sya bilang klo sya udah punya pacar lgi, tapi entah kenapa hati sya jdi ga karuan, merasa brsalah dan tidak tahu msti gmna. Dulu sya dg mantan sudah serius dan punya rencana kedepan. Tapi justru sya memutuskannya krna sya tidak bisa LDR. Menurut bapak apa saya ini laki2 jahat,,? Lalu sya hrus bgmn mnurut bapak?

    • cobalah belajar tegas membuat keputusan dan konsisten, agar orang lain jelas memandang anda di jalur jalan yang mana, sehingga jelas pula siapa yang sejalan dengan anda dan siapa yang memilih jalan lain

  33. fitrotul khasanah

    sebut saja nm saya fifit,
    saya berpacaran sudah 4 tahun dengan (n)
    tpi saat ini dia kerja di luar negri selama 3 tahun
    akhir” ini sifatnya dia berubah cuek suka marah sama saya. padahal saya tidak berbuat salah
    ujung ujungnya si (n) minta putus
    dan di udah jarang hubungin saya. saya hubungin (n) jwabnya marah

    menurut anda saya harus gimana?

    • jika komunikasi sudah tidak bisa dilakukan dengan baik, dan rasa percaya juga turun, apalagi dia minta putus, maka anda perlu memikirkan lagi apakah mempertahankan dan menunggu dia itu bukan pekerjaan sia-sia belaka

  34. ass,,,
    pak saya langsung jha yah,,,
    saya kan punya pacar dan pacaran itu udh hampir 3 tahun dan dia bekerja sebagai pelaut jadi sering keluar negeri. tpi dia lagi turun/istrht kerja hampir 3 bulan jadiotomatis semua uangnya itu udh habis selama dia di darat pak,tapi pada hari jumat 17-04-2015 kemarin dia dipanggil kerja lagi tapi startnya mulai dari singapura,otomatis dia brngkat dari makassar ke singapur dengan membawa uang itu sangat minim/pas-pasan.jadi kalau komunikasi jarang skli pak karena kata dia klau saya mnelpon di no singapurnya pulsanya itu keambil jadi dia bilang jangn terlalu mnlpon krn kalau pulsku habis nda bisa miscall kamu lagi”kata dia “. jadi kkita mnlpon mlm jha karena kata dia kalau kerja siang itu full dan sekali tidak full pun nda mngkin saya mw hubungi kamu trus karena saya mngrti jg keadaanmu nda mngkin kamu mw beli plz truss” kata dia”
    tapi pak yang ganjal nya ini kalau saya lagi nlpon mlm apa yg dia mw ktkan dia nda pernah blg nnti plz cpt hbis lah tpi klu pada saat saya mw bicara lama dia selalu bilng tidur jha dia bnyak skli alsannya …..tpi pak klu kita mnlpon dia selalu blg aku sayang kamu,pokoknya saya mw bkeja sungguh” nggk mau main” lagi,dan dia sering bilng tggu aku yah ,,,klau kita akhiri tlpon selalu di akhiri dengan kata I lov u mmmmuuuaaccchhhh….gitu pak,,,itu dia ada pcr lain atau gmna pak? mohon sarannya..

    • kalau di laut, kira2 pacar lainnya apa coba?
      godaan pelaut umumnya bukan pada saat dia melaut, tapi saat sedang merapat ke darat.
      cinta jarak jauh dan begitu lama memang butuh kepercayaan tinggi dan komunikasi yang baik.
      jika dua syarat itu bisa dilalui, anda bisa menjalaninya

  35. ki… saya mau curhat.. saya punya mantan. udah 5 bulan…hubungan kami hanya bertahan 4 bulan. perpisah itu karna kesalahan saya sendiri.. saya akui itu.. karna saya keceplosan omongan (kata-kata kasar). sudah saya coba segala cara agar hubungan ini tetap berlanjut, hal hasil dya tidak mau mempertahankan (putus/ udahan). yang menyedihkan bagi saya, selama 3 hari saya tidak bisa tdur dg puless (susah tidur) padahal gk pernah terjadi sebelumnya.. tpi yang anehnya sayang tidak nangis, lain hal dengan putus dengan mantan sebelumnya, saya menangis dibuatnya tpi sya ttp bisa tdr puleess (nyaman). sampai sekarang selalu telintas bayangan dia di benak saya.. teringat masa2 bersamanya.. sesaat itu pula saya ingin balikan lagi. terlepas dari itu saya berfikir harus move on…

    apa karna dalam usaha mendapatkannya yang lama (4bln) atau karna saya sayang sama si dya..? atau karna merasa bersalah?

    saya bingung harus gmna Ki? harus lakuin apa?
    mohon bantuanny KI..
    trims…

    nb: saya (cowok)
    dya (cewek)

    • Sebaiknya kita belajar memperbaiki diri dan menilai kepantasan kita bagi orang lain. Pantaskah dirimu buat dia? ternyata masih ada kata kasar yang menyakitkan dia. Maka langkah pertama adalah memperbaiki itu setulus hati. Kemudian baru datang memberikan pelayanan seutuhnya kepada dia. Selamat berjuang

  36. sebut saja saya nua…. saya sudah mengakiri hubungan saya dgn dia. tapi entah kenapa saya selalu terbayang dgn smuanya. saya sangat sangat merasa bersalah. niat saya untuk kembali sih tdak ada karna saya yg mengakirinya… tpi saya selalu terkenang semuanya. saya pengeeen sekali minta maaf. tp bagaimana. sayalah yg mengakirinya dan kalau sya kembali lg nanti. apa yg akan dia katakan…..
    saya benar benar bingung. saya selalu terbayang sma dia…. tolong solusinya dongk pak,,

    • rasa sayang itu masih ada, makanya terasa menyakitkan. salurkan rasa sayang itu dengan selalu berdoa apabila mengingat dia. Doa kan dengan tulus tanpa syarat

  37. Langsung saja ya pak,,,
    Begini… sya pacaran sudah 1thn ini, sya syang dgn pcar sya begitu pula dgn dy yg sya rsakan jg syang dgn saya. (Yg sya tau dari masa lalu nya dy playboy meskipun selama ini sya percya nd yg sya yakin tau dy setia krna tdk prnah trbukti dy selingkuh). dan sikap dy terhadap sya begitu baik, lembut, dy juga bukn cwo yg banyak bicara dan penggombal (menurut sya), dy itu berbicara seperlunya, dy tidak lucu, tp dy sabar dan dy tdak pernah ksar/pun memarahi sya bahkan selalu menuruti mau sya, (tp pun sya slama pcran tidk pernh bnyak meminta). itu yg buat sya terkesan dan suka dgn nya, pdahal sya suka dgn cwo yg humoris, peduli nd tdk cuek dn jg perhatian. tapi sekarang yg sya baru sadari dan rasakan dy cuek, tidak peduli, mementingkan urusanya sendiri dn dgn teman nya. sngat jarang menghubungi jikalau bukan sya yg menghubunginya terlebih dahulu, tetapi sikap nya jika bertemu/bersama sya tetap sperti bysa yg baik dan lembut. hanya saja jika tak bertemu seperti tak ada hubungan apa2.
    Sedangkan sya selalu memikirkannya, ingin tau kabar nya stiap saat, ingin tetap berkomunikasi meski tak bertemu, tapi sepertinya dy tdk bgitu.

    Sampai pada akhrnya sya kenal dgn pria lain, cwo yg baru ini jelek, tapi dy baik nd lucu(humoris), selalu buat sya tertawa dan sya merasa sudah dekat dgn nya, sya nyaman dan akhrnya sya suka, bgitupun sbaliknya krna dy menyatakan perasaanya trhadap sya….
    Maka dari itu sya bngung, skarang sya harus bagaimana, krna posisi sya mash punya pacar dan sya mash syang tetapi sya sering merasa bosan dgn sikap nya yg cuek nd tidak peduli, Apa yg harus sya lakukan pak??

    • yang dicari wanita, biasanya memang bukan ketampanan, tapi yg humoris, nyambung dan bisa menentramkan
      maka yang kedua, terasa lebih ada kecocokan dan hatimu juga senang
      memang dia ada kekurangan, tapi bukankah semua orang ada kekurangan?
      baiknya pastikan dulu dengan yg pertama mau jalan atau pisah
      lalu coba buat hubungan baik dengan yang kedua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s